Cara Melihat H Index Scopus

Cara Melihat H Index Scopus

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Melihat H Index Scopus. karna banyak orang yang belum mengetahuinya.

Scopus sendiri merupakan layanan index atau pusat database yang besar. Scopus dapat mengevaluasi dan memberikan penilaian terhadap setiap jurnal.

Pengertian H Index Scopus

Pengertian H Index Scopus

Sebelum membahas tentang cara melihat H Index Scopus alangkah baiknya mengetahui pengertian H Index Scopus terlebih dahulu.

H-index merupakan tolak ukur yang sering digunakan oleh para ilmuan H-index untuk melakukan karya ilmiahnya.

Karya ilmiah akademis, dosen dan peneliti itu dapat meliputi publikasi dalam hasil penelitiannya, paten atau HKI dan artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah pada seminar nasional dan internasional.

Baca Juga : Template Jurnal Scopus

Cara Mencari & Melihat H Index Scopus

Cara Mencari & Melihat H Index Scopus

Setelah kita membahas Pengertian H Index Scopus selanjutnya kita membahas Cara Melihat H Index Scopus, Oleh karena itu, pada bagian kali ini kami akan Melihat H Index Scopus paling mudah.

Dan juga, kami akan memberikan gambaran agar kalian dapat mengikuti langkah langkah dibawah ini dengan mudah, simak langkah langkah melihat H Index Scopus dengan mudah sebagai berikut:

  • Hal yang pertama dapat kalian lakukan ialah harus mempublikasikan setidaknya satu artikel di jurnal terindeks Scopus
  • Lanjut dengan kalian mengunjungi situs website Scopus pada laman berikut ini “https://www.scopus.com/
  • Lalu kalian memasukan nama depan dan nama belakang kalian. Setelah itu, klik tanda pencarian
  • Selanjutnya kalian dapat mengetahui berapa banyak H Index Scopus yang dimiliki seorang penulis.

Baca Juga : Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Manfaat H Index

Manfaat H Index

Untuk Bagi akademisi, dosen atau peneliti, h-index sangat penting.

Karena h-index sangat berpengaruh dengan besarnya dana yang akan tersedia untuk penelitian selanjutnya. Contohnya, mewajibkan para dosen dan peneliti untuk diberi kursi di dalam dua program penelitian jika memiliki h-index Google Scholar minimal 2. Mereka hanya dapat mempimpin salah satu dalam program penelitian itu.

Cara Menghitung H Index

Cara Menghitung H Index

H Index akan ditentukan berdasarkan indeks dan jumlah publikasi yang mengutip atau mengutipnya.

Menurut Terry Mart, Dosen Jurusan Fisika FMIPA UI, “jika seorang ilmuwan memiliki h makalah, dan setiap makalah juga memiliki jumlah kutipan minimal sama dengan h, maka indeks-h nya juga demikian”.

Dan jika Misalnya, seorang peneliti dengan skor h-index 10 berarti 10 artikel dikutip oleh setidaknya 10 artikel lainnya.

Dan Sedangkan yang dimaksud dengan i10-index itu merupakan skor sebuah artikel yang di mana seorang peneliti harus memiliki setidaknya 10 kutipan dari artikel lain dalam publikasi.

Contohnya seperti, skor indeks i10 peneliti sebesar 3 berarti bahwa 3 artikel dikutip oleh setidaknya 10 artikel lainnya.

Baca Juga : Cara Masuk Jurnal Scopus

Kesimpulan

Nah, cukup sampai disini pembahasaan kita mengenai tentang Cara Melihat H Index Scopus. Bagi kalian yang bingung dengan cara bisa ikuti langkah langkah diatas.

Semoga apa yang kami jelaskan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semuanya tidak hanya dosen atau mahasiswa saja.


FAQ

Cara Cek jurnal Apakah terindeks Scopus?

Buka dan kunjungi situs resmi Scopus https://www.scopus.com/home.uri. Klik “Sumber” di pojok kanan atas. Masukkan nama jurnal pada kolom “Enter Title” dan tekan Enter atau klik “Find Source“

Bagaimana cara menghitung H Index?

h-index dapat dihitung secara manual dengan melihat jumlah sitasi/kutipan dari semua paper/makalah yang diterbitkan oleh seorang akademisi. h-index 6 = ada 6 paper yang disitasi minimal enam kali.

Indeks H maksudnya apa?

 indeks yang memberikan informasi produktivitas dan pengaruh seorang peneliti berdasarkan publikasi ilmiah yang dihasilkannya (Sidiropoulus, Katsaros & Manolopoulos, 2007).