Pengertian Dan Kompetensi Sertifikasi Digital Marketing

riviera publishing

Pada perkembangan ini digital marketing semakin luas dan cepat, tidak cuman hanya, Bukan hanya pengusaha online atau perusahaan besar saja, tetapi akademisi juga harus terus belajar dan memanfaatkan digital marketing. Digital marketing sendiri adalah suatu praktik pemasaran produk atau jasa melalui berbagai media digital di internet.

Situasi tersebut menjadi cikal bakal munculnya profesi baru, yakni digital marketer. Menekuni karir sebagai digital marketer dianggap sangat menjanjikan mengingat semakin banyaknya pengguna internet dan peningkatan transaksi digital melalui website atau marketplace. Dampak dari hal ini adalah adanya peningkatan permintaan terhadap digital marketer sebagai tenaga ahli yang sangat dibutuhkan dalam industri. Selain itu, alasan di balik peralihan model bisnis dari offline ke online juga menjadi salah satu faktor yang membuat digital marketer begitu dicari saat ini. Sebagai akibatnya, kebutuhan akan digital marketer semakin meningkat.

Dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen yang memilih untuk membeli produk secara online, digital marketer perlu memiliki keahlian yang handal dan kompeten untuk memanfaatkan peluang tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan keahlian tersebut adalah dengan mengikuti program sertifikasi digital marketing. Namun, sebelumnya perlu dipahami apa itu digital marketing. Berikut adalah penjelasannya!

Apa Itu Sertifikasi Digital Marketing

Pengertian Dan Kompetensi Sertifikasi Digital Marketing

Sertifikasi digital marketing adalah sebuah sertifikasi yang menilai kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan pemasaran secara digital. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa seseorang telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam bidang pemasaran digital dan dapat diterapkan dalam berbagai industri dan sektor bisnis.

Sertifikasi digital marketing biasanya mencakup berbagai topik seperti optimasi mesin pencari (SEO), periklanan digital, media sosial, email marketing, content marketing, dan analisis data. Ada beberapa organisasi dan platform yang menawarkan sertifikasi digital marketing, seperti Google, Facebook, Hootsuite, dan lain-lain. Mempelajari dan mendapatkan sertifikasi digital marketing dapat membantu seseorang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam pemasaran digital serta meningkatkan peluang karir di bidang ini.

Kompetensi Digital Marketing

Pengertian Dan Kompetensi Sertifikasi Digital Marketing

berikut adalah beberapa kompetensi yang harus dikuasai untuk bisa mendapatkan sertifikasi digital marketing kompeten:

1. Mengidentifikasi Elemen Pemasaran Perusahaan

Hal pertama dan wajib dikuasai sebagai marketing adalah identifikasi tentang elemen pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Marketer wajib mengetahui tentang produk atau jasa yang dijual, bagaimana cara menjualnya dan lain sebagainya.”

2. Menggunakan Perangkat Komputer

Sebagai seorang digital marketer, penting bagi kita untuk memiliki kemampuan menggunakan komputer karena dalam dunia digital marketing, penggunaan teknologi sangatlah vital dan esensial. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai seorang praktisi digital marketing, kita harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada agar dapat mencapai target yang diinginkan.

3. Menggunakan Aplikasi Media Sosial

Tak dapat disangka bahwa hampir semua orang kini mengakses sosial media secara rutin, dan hal tersebut dapat dijadikan sebagai peluang bagi praktisi digital marketing. Sebagai seorang digital marketer, penting untuk memanfaatkan aplikasi media sosial guna memperoleh keuntungan dalam proses marketing produk atau jasa dari suatu perusahaan.

4. Menggunakan Penelusur Situs Web

Sekarang, hampir semua orang menggunakan Search Engine. Oleh karena itu, menjadi bisnis yang sukses adalah yang mampu hadir di tengah-tengah masyarakat ketika mereka mencarinya atau membutuhkannya. Kompetensi yang terkait dengan hal ini adalah SEO dan SEM, sehingga sebagai seorang digital marketer, harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan SEO dan SEM secara optimal guna meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan.

5. Melakukan Pendekatan Kepada Calon Pelanggan

Melakukan pendekatan langsung terhadap pelanggan adalah hal yang penting dalam melakukan penjualan atau transaksi. Sebagai seorang digital marketer, Anda harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan berbagai platform digital agar dapat berinteraksi dengan para calon pelanggan.

6. Membuat Perencanaan Periklanan

Iklan sering sekali dianggap sebagai metode pemasaran yang dapat dengan cepat meningkatkan kesadaran atau memicu pembelian, tetapi sering kali disertai dengan peningkatan biaya promosi. Oleh karena itu, sebagai digital marketer, perlu membuat perencanaan periklanan yang efektif dan efisien untuk mendapatkan pelanggan dengan cara yang lebih terukur.

7. Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan Iklan

Mempromosikan sesuatu dengan iklan di internet tidak akan efektif jika kontennya kurang menarik. Para audiens tidak akan merasa terdorong atau tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang apa yang kita promosikan. Oleh karena itu, sebagai pemasar digital, Anda harus memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan konten yang kreatif dan menarik agar iklan yang dijalankan dapat mencapai target yang diinginkan.

8. Merancang Strategi dan Pembelian Media

Media digital menjanjikan untuk digunakan dalam proses pemasaran, sehingga penting bagi para pemasar untuk memahami dan memiliki kemampuan dalam merancang strategi penggunaan berbagai jenis iklan, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan lain-lain.

9. Menyusun Rencana Aktivitas Penjualan

Tujuan utama dari proses pemasaran adalah untuk mencapai konversi dan penjualan, dan sebagai seorang pemasar digital, diperlukan kemampuan untuk merencanakan aktivitas penjualan produk atau jasa perusahaan.

10. Melaksanakan Keterampilan Penjualan

Proses penjualan produk atau jasa selalu melibatkan keterampilan penjualan, dan sebagai seorang digital marketer, diperlukan keterampilan yang handal dalam melaksanakan proses penjualan.

Kesimpulan

Demikianlah artikel yang dapat kami berikan tentang Pengertian Dan Kompetensi Sertifikasi Digital Marketing, semoga dengan adanya artikel Pengertian Dan Kompetensi Sertifikasi Digital Marketing bisa berguna dan bermanfaat

Dwi Rayhan Sunandar Putra
Dwi Rayhan Sunandar: Pembimbing teknis publikasi ilmiah. Dapatkan panduan cara memformat artikel yang benar, tips menghindari desk reject, dan langkah submission efisien. Pastikan artikel Anda lolos!