Sertifikasi Digital Marketing

sertifikasi digital marketing

Kuasai Digital Marketing dengan Sertifikasi Resmi! Asah keahlian, kuasai strategi, dan dapatkan sertifikat yang diakui Perusahaan, Industri dan BNSP.

Pernahkah kamu merasa terjebak dalam jenjang karir yang stagnan? Gaji tak kunjung naik, pengakuan atas kompetensi tak kunjung datang? Frustasi melanda saat melihat kolega yang lebih junior mendapatkan gaji lebih tinggi?

Kini, sudah saatnya kamu bangkit! Buktikan nilai dirimu dengan sertifikasi digital marketing. Kuasai strategi marketing terkini, asah kemampuanmu dalam berbagai platform, dan pimpin tim Kamu menuju kesuksesan.

Dapatkan sertifikat resmi yang diakui industri dan buktikan kompetensi Kamu kepada atasan. Tingkatkan kepercayaan diri, negosiasikan gaji dengan penuh keyakinan, dan buka peluang promosi yang tak terhitung jumlahnya.

Saat ini, sertifikasi digital marketing adalah kunci untuk membuka gerbang kesuksesan di era digital. Dengan menjadi ahli digital marketing yang tersertifikasi, kamu bisa mewujudkan mimpi untuk karir yang gemilang dan gaji yang fantastis!

Apa Itu Sertifikasi Digital Marketing?

Sertifikasi digital marketing merupakan sebuah aspek penilaian resmi terhadap keahlian dan pengetahuan di bidang pemasaran digital (digital marketing). Di era yang serba digital ini, keterampilan ini menjadi semakin penting bagi para profesional yang ingin meningkatkan karir dan mendapatkan gaji yang sangat kompetitif.

Sertifikasi ini sendiri biasanya diberikan oleh Lembaga-lembaga resmi yang diakui industri. Di Indonesia sendiri, sertifikasi yang sangat bergengsi adalah sertifikasi yang dikeluarkan secara resmi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Materi pelatihan digital marketing sendiri biasanya meliputi :

  • SEO (Search Engine Optimization) pencari.
  • SEM (Search Engine Marketing)
  • Social Media Marketing
  • Content Marketing
  • Email Marketing
  • Analisis Data dan Pengukuran ROI

Harga Sertifikasi Digital Marketing

Harga sertifikasi digital marketing sendiri cukup bervariasi tergantung pada jenis sertifikasi, lembaga penyelenggara, dan lokasi. Tapi biasanya, biaya/tarif yang dikenakan untuk sertifikasi (kompetensi / profesi) mulai dari Rp 750.000 – Rp 5.000.000

Apa Saja Syarat Peserta Sertifikasi Digital Marketing Di Ditekindo?

NOSyarat Sertifikasi Kompetensi Digital Marketing
1Pendidikan minimal S1/ D4 Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
2Memiliki Sertifikat Pelatihan terkait Digital Marekting, atau
3Memiliki Pengalaman Kerja di Bidang Digital Marekting selama minimal 2 tahun

Apa Sih Fungsi Dari Sertifikasi Digital Marketing?

sebenarnya, ada banyak sekali fungsi penting dari sertifikasi ini, adapun beberapa diantaranya :

1. Bukti Keahlian dan Kompetensi

Sertifikat merupakan bukti nyata bahwa Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan di bidang digital marketing. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas Kamu di mata atasan, klien, dan rekan kerja.

2. Meningkatkan Peluang Karir

Dengan sertifikat, Kamu memiliki nilai tambah yang membedakan Kamu dari kandidat lain. Hal ini dapat meningkatkan peluang Kamu untuk mendapatkan promosi jabatan, gaji yang lebih tinggi, dan pekerjaan yang lebih baik.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Memiliki sertifikat dapat meningkatkan kepercayaan diri Kamu dalam menjalankan strategi marketing. Kamu akan lebih yakin dengan kemampuanmu dan mampu mengambil keputusan yang lebih tepat.

4. Menjadi Ahli yang Diakui

Sertifikat digital marketing membuatmu diakui sebagai ahli di bidangnya. Hal ini dapat membuka peluang untuk menjadi pembicara, penulis, atau trainer di bidang digital marketing.

5. Meningkatkan Kualitas SDM

Bagi perusahaan, sertifikasi digital marketing dapat meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan kinerja tim. Karyawan yang tersertifikasi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang terperbarui dan mampu mengoptimalkan strategi marketing untuk mencapai tujuan bisnis.

Jasa Sertifikasi Profesi/Kompetensi Digital Marketing

Bosan dengan karir yang stagnan? Gaji tak kunjung naik? Pengakuan atas keahlianmu bagaikan fatamorgana?

Tenang, Kami siap membuka ratusan gerbang peluang atas karirmu!

Bergabunglah dengan ribuan peserta yang telah berhasil meningkatkan karir mereka dengan sertifikasi Digital Marketing dengan DITEKINDO. Wujudkan mimpimu untuk menjadi ahli yang dicari banyak perusahaan!

Hubungi kami sekarang dan dapatkan informasi lebih lengkap tentang jadwal ujikom Sertifikasi Kompetensi Digital Marketing melalui Whatsapp Di Bawah Ini :

Jadwal & Skema Uji Kompetensi Sertifikasi Digital Marketing

NoKode UnitJudul UnitJenis Standar 
1M.702090.001.01Melakukan Survei PasarSKKNI 389 tahun 2013
2M.702090.004.01Menyusun Rancangan ProdukSKKNI 389 tahun 2013
3M.702090.005.01Melakukan Pengujian Terhadap Rancangan ProdukSKKNI 389 tahun 2013
4M.702090.006.01Mengembangkan Rancangan Proses Berdasarkan Rancangan Produk Dengan Memerhatikan Kemampuan Produksi, Kualitas, dan LingkunganSKKNI 389 tahun 2013
5M.731000.001.01Membuat Perencanaan PeriklananSKKNI 389 tahun 2013
6M.731000.003.01Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan IklanSKKNI 351 tahun 2014
7M.731000.004.01Merancang Strategi dan Pembelian MediaSKKNI 351 tahun 2014

Alur Sertifikasi Digital Marketing Di Ditekindo

Tahap 1 = Pendaftaran

  • Asesi mengisi form pendaftaran (APL 01) sesuai dengan skema yang dipilih
  • Asesi mengisi form asesment mandiri (APL 02)
  • Mengumpulkan persyaratan ujikom (KTP, Ijazah Foto 3×4 Background Merah, Fotocopy sertifikat pelatihan
  • Admin LSP Ditekindo akan melakukan verifikasi pendaftaranmu

Tahap 2 = Pra Asesment

  • admin LSP Ditekindo akan menghubungi Asesi untuk menyampaikan Pra Asesment dan ujikom
  • Asesor menyampaikan mekanisme ujikom, metode uji dan materi yang akan diujikan mengacu pada dokumen SKKNI dan SKEMA
  • Asesor menyampaikan persetujuan metode uji, kerahasiaan data dan mekanisme banding sesuai FR AK 01 dan FR AK 04

Tahap 3 = Uji Kompetensi

  • Uji Kompetensi dilakukan dengan metode yang disepakati (observasi atau portofolio)
  • Untuk metode observasi dilakukan dengan instrumen DPT PG/DPT Essay dan Observasi dengan mengikuti FR IA 01, 02, 03, 05 dan 06
  • Asesi mengisi lembar umpan balik dan catatan asesment

Tahap 4 = Keputusan Uji

  • asesor menyampaikan keputusan hasil uji, apakah asesi kompeten atau belum kompeten dengan mengisi form rekaman dan laporan asesment pada FR AK 02 dan FR AK 05
  • hasil asesment yang dilaporkan oleh asesor akan diputuskan melalui rapat komite skema, jika asessi dinyatakan kompeten maka akan diterbitkan Sertifikasi Kompetensi Digital Marketing BNSP sekitar 1 – 2 Bulan dari waktu pelaksanaan Uji Kompetensi

Sertifikasi Digital Marketing Non BNSP Gratis Yang Bisa Kamu Ikuti

Bagi kamu yang sedang memperbanyak sertifikat digital marketing untuk portofolio, mungkin beberapa sertifikasi digital marketing gratis ini bisa kamu coba!

1. Google Analytics Individual Qualification

Google Analytics Individual Qualification (GAIQ) adalah sertifikasi gratis yang menguji pengetahuan peserta tentang best practices analitik digital dan platform Google Analytics. Sertifikasi ini tersedia di Skillshop dan dapat diikuti oleh siapa saja.

Ujian GAIQ berlangsung selama 90 menit dan terdiri dari 70 pertanyaan dengan berbagai format, seperti pilihan ganda, benar/salah, dan pencocokan. Peserta perlu mendapatkan skor minimal 80% untuk lulus. Jika tidak lulus, peserta dapat mengulang ujian setelah 24 jam.

GAIQ bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas, memperkuat keahlian, dan meningkatkan peluang karir di bidang analitik dan marketing digital.

Link : Klik Di Sini

2. Google Ads Certifications

Google Ads Certification memverifikasi keahlian peserta dalam periklanan online. Tersedia berbagai sertifikasi, seperti Google Ads Search, Display, Video, Shopping, Apps, dan Measurement. Sertifikasi ini dapat diakses gratis di halaman Sertifikasi Google Ads Skillshop.

Setiap sertifikasi memiliki durasi 75 menit dan terdiri dari 46-50 pertanyaan. Peserta harus mendapatkan skor minimal 80% untuk lulus, kecuali sertifikasi Google Ads Apps yang hanya membutuhkan 70%. Jika tidak lulus, peserta dapat mengulang tes setelah 24 jam.

Link : Klik Di Sini

3. WordStream Growth Academy

Growth Academy adalah kursus periklanan online gratis yang ditawarkan oleh WordStream, sebuah perusahaan software periklanan online. Kursus ini dirancang dengan singkat dan padat, namun tetap memberikan banyak informasi yang bermanfaat.

Beberapa topik yang dibahas dalam Growth Academy antara lain:

  • Dasar-dasar periklanan untuk Facebook, YouTube, dan Google
  • Memahami remarketing dan conversion rate optimization (CRO)
  • Menghasilkan prospek dan penjualan dengan iklan Google, Facebook, dan Instagram
  • Menjalankan agensi PPC

Untuk mendapatkan sertifikat, kamu harus menyelesaikan semua modul dan lulus tes sertifikasi.

Growth Academy merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin meningkatkan keahlianmu dalam periklanan online dan ingin mendapatkan sertifikat yang diakui.

Link : Klik Di Sini

4. HubSpot Certifications

HubSpot, perusahaan software CRM full stack, menawarkan akademi dengan 10 sertifikasi marketing, termasuk Social Media dan Content Marketing. Sertifikasi ini membantu kamu mempelajari cara membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan customer dan tujuan bisnis.

Masing-masing sertifikasi membutuhkan waktu 6-8 jam untuk diselesaikan. Untuk mendapatkan sertifikat, kamu harus menyelesaikan semua modul dan lulus ujian.

Link : Klik Di Sini

Kesimpulan

Sertifikasi digital marketing adalah investasi berharga untuk meningkatkan kompetensi dan prospek karir Anda di era digital. Daftar sekarang, asah keahlian, dan wujudkan mimpi Anda untuk menjadi ahli yang dicari banyak perusahaan!

Ingin daftar Sertifikasi Kompetesi Digital Marketing? Yuk Cek Jadwalnya!

Referensi :

https://bnsp.go.id

https://revou.co/sertifikasi-digital-marketing

https://lsp.unsil.ac.id/kenapa-sertifikasi-profesi-penting-buat-kamu

https://pasartrainer.com/blog/sertifikasi-kompetensi-pengertian-masa-berlaku-dan-cara-perpanjangan


Pelatihan digital marketing apa aja?

SEO > PPC > Social Media Marketing > Email Marketing > Content Marketing

Berapa Gaji marketing digital?

Rata-rata Rp 6.500.000 / Bulan