Cara Daftar Akun Google Scholar

Cara Daftar Akun Google Scholar

Buat kamu yang ingin tahu cara daftar akun google scholar, kamu bisa baca artikel satu ini. Pastikan kamu menyimak dengan cermat beberapa langkah-langkahnya. Yuk kita simak!

Para akademisi baik di tingkat siswa, mahasiswa hingga dosen tentu cukup akrab dengan Google Scholar. Secara definisi aplikasi Google Schoolar adalah fitur untuk mencari rujukan literatur ilmiah. Misalnya jurnal ilmiah yang berasal dari berbagai bidang keilmuan. 

Google Scholar adalah salah satu fitur aplikasi di bawah naungan perusahaan mesin pencari terbesar yakni Google. Fitur ini menyediakan literatur ilmiah dalam bentuk jurnal dan artikel ilmiah yang sudah dipublikasi oleh penulisnya dan berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Cara Daftar Akun Google Scholar Journal & Mahasiswa

Cara Daftar Akun Google Scholar Journal & Mahasiswa

Sebelum melanjutkan ke proses pembuatan, pengguna juga harus memperhatikan persyaratan dan kebutuhan pendukung, seperti menyiapkan data pribadi dan mengidentifikasi bidang ilmiah, untuk memastikan kecepatan koneksi internet yang stabil.

Baiklah, langsung saja berikut ini cara daftar akun Google Scholar :

  • Langkah pertama, kamu bisa langsung kunjungi situs resmi Google Scholar atau bisa klik link berikut https://scholar.google.co.id/
  • Kemudian Klik Profil Saya
  • Login dengan Email kamu
  • Lengkapi Data Diri
  • Pilih opsi Berikutnya / Next
  • Setelah itu, silahkan Cari Artikel milikmu berdasarkan nama penulis
  • Centang semua jurnal milikmu yang muncul
  • Klik opsi Tanda Panah ke kanan
  • Pilih Terapkan Dan Update Secara Otomatis
  • Centang di bagian Jadikan Profil Saya Untuk Umum
  • Selesai

Oh iya, kalau kamu ingin mengganti foto profil akun Google Scholar, kamu bisa pilih icon kamera pada foto profil tersebut.

Bagaimana? Cukup mudah sekali bukan cara daftar akun Google Scholar? Pastikan kamu mengikuti langkah-langkahnya secara seksama agar memperoleh hasil yang maksimal.

Baca Juga : Kenapa Google Scholar Tidak Bisa Dibuka

Panduan Akun Google Scholar Agar Maksimal dalam Pencarian

Panduan Akun Google Scholar Agar Maksimal dalam Pencarian

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu informasi penting terkait memaksimalkan pencarian dalam akun Google Scholar.

Berikut penjelasannya :

  • Jika Anda mencari konten jamur tiram, pastikan untuk memasukkan kata kunci tertentu. Jadi jangan hanya memasukkan “jamur tiram”, tapi “isi jamur tiram”. Semakin spesifik, saran yang lebih tepat.
  • Gunakan fitur Advanced Search yang disediakan untuk membantu Google Cendekia memfilter hasil pencarian secara lebih spesifik.
  • Jika Anda menemukan banyak referensi yang sesuai, maka bookmark artikel tersebut dengan mengklik gambar bintang untuk menandai artikel tersebut. Memudahkan Anda untuk menemukannya kembali tanpa harus mengingat kata kunci yang Anda masukkan kemarin.
  • Manfaatkan fitur Kutipan Cepat Google Cendekia, yang memudahkan penyalinan teks untuk mendapatkan lebih banyak kutipan secara langsung

Cara Menggunakan Akun Google Scholar

Cara Menggunakan Akun Google Scholar

Setelah berhasil membuat akun Google Cendekia, pengguna akan melanjutkan ke langkah selanjutnya untuk mulai mengunggah publikasi ilmiah pada akun yang didaftarkan.

Penting untuk dicatat bahwa pengguna harus mempersiapkan artikel yang ingin mereka terbitkan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini dengan cermat:

1. Untuk dapat menambahkan artikel pertama, silahkan klik ikon ‘ADD‘.

Akan ada tiga pilihan penambahan artikel sebagai berikut :

  • ‘ADD Article Groups” terlebih dahulu untuk menambahkan artikel ke grup yang berisi nama pengguna
  • ADD Articles” kedua menambahkan artikel pribadi lengkap yang terpisah
  • ADD Article Manually” ketiga menambahkan artikel secara manual. Pengguna dapat mengisi judul kolom artikel, tanggal publikasi, jurnal, volume, terbitan dan isi artikel dari awal.

2. Ketika pengguna memutuskan untuk memilih berbagai artikel, artikel tersebut akan otomatis muncul di profil masing-masing.

3. Selain itu, pengguna juga dapat mengedit atau mengedit data artikel secara manual seperti judul, tanggal, penerbit, volume, edisi, dll.

4. Selain itu, pengguna dapat menghapus daftar artikel agar tidak muncul lagi di profil pengguna

5. Untuk melakukan pemeriksaan indeks pencarian, buka kembali beranda Google Cendekia dan masukkan nama lengkap pengguna di bidang pencarian. Pengguna kemudian dapat melihat bagaimana agensi menyajikan tampilan profil kepada publik.

Tips Menggunakan Akun Google Scholar

Tips Menggunakan Akun Google Scholar

Gunakan akun Google Cendekia untuk mempublikasikan karya ilmiah setelah pengguna berhasil membuat atau mendaftar.

Oleh karena itu, perlu juga mengedukasi pengguna lain tentang beberapa tips penggunaan ini untuk mendapatkan referensi yang paling tepat di bidang ilmiah untuk memahami metode penelitian yang digunakan.

Biasanya kelompok ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang mencari referensi atau kutipan untuk makalah mereka.

Berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan ketika mencari pertanyaan yang relevan untuk siswa atau akademisi di Google Cendekia:

  • 1. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal untuk artikel terkait, pengguna harus menggunakan kata kunci atau sespesifik mungkin.

Misalnya, pengguna yang merupakan ahli statistik tahun terakhir dan ingin menggunakan metode perhitungan “penguraian” dapat dengan mudah memasukkan kata dekomposisi ke dalam pencarian Google Cendekia untuk menemukan publikasi relevan yang paling sesuai.

  • 2. Metode pertama masih belum ideal Pengguna dapat melakukan pencarian lanjutan melalui fungsi “Pencarian Lanjutan” di sidebar halaman beranda. Cara kerjanya, Google Cendekia akan memfilter pencarian tentang publikasi yang dicari pengguna seefisien mungkin.
  • 3. Jika sudah menemukan artikel yang dipilih, jangan lupa untuk bookmark atau klik tanda bintang untuk menandai artikel tersebut dan memudahkan pengguna untuk menemukan kembali file terkait.
  • 4. Google Scholar memiliki fungsi kutipan cepat, ketika pengguna memutuskan artikel mana yang akan dikutip, dia hanya perlu menyalin atau menyalin kutipan ke artikel pribadinya.

Perbedaan Google Scholar dan Google.com

Google.com

Google.com adalah mesin pencari umum yang mengindeks berbagai jenis informasi, termasuk:

  • Situs web: Google merayapi internet dan mengindeks jutaan situs web untuk menyediakan hasil pencarian yang komprehensif.
  • Gambar: Google Images membantu Anda menemukan gambar, foto, dan ilustrasi.
  • Berita: Google News menyediakan berita terkini dari berbagai sumber.
  • Video: Google Video (sekarang digabungkan dengan YouTube) membantu Anda menemukan video dan klip.

Google.com ideal untuk:

  • Mencari informasi umum tentang berbagai topik.
  • Menemukan situs web, gambar, atau video yang berkaitan dengan minat Anda.
  • Mengikuti berita terkini.

Google Scholar

Di sisi lain, Google Scholar berfokus pada literatur ilmiah, seperti:

  • Jurnal ilmiah: Google Scholar mengindeks jutaan artikel ilmiah dari berbagai penerbit dan disiplin ilmu.
  • Buku ilmiah: Anda dapat menemukan buku ilmiah, ebook, dan makalah konferensi.
  • Tesis dan disertasi: Google Scholar menyediakan akses ke tesis dan disertasi dari berbagai universitas.

Google Scholar ideal untuk:

  • Mencari referensi ilmiah untuk penelitian, skripsi, atau makalah.
  • Melacak perkembangan terbaru dalam bidang akademik tertentu.
  • Menemukan karya ilmiah dari para pakar di bidangnya.

Keunggulan Menggunakan Google Scholar

Google Scholar bertujuan untuk mempermudah seorang dalam menyusun artikel ilmiah dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, serta kutipan atau rujukan yang diambil dalam literatur lain.

sumber : https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan terkait bagaimana cara daftar akun Google Scholar dengan mudah. Semoga itu semua bisa menjadi solusi untukmu. Terimakasih!

TAG : mendaftar google scholar, cara membuat akun google scholar untuk mahasiswa, daftar pustaka google scholar, cara membuat daftar pustaka dari google scholar, cara daftar jurnal di google scholar, cara membuat akun google scholar journal,


FAQ

Mengapa Dosen Wajib Memiliki Akun Google Scholar?

Akun google scholar ini merupakan dasar dari prosedural yang harus di laksanakan

Apakah Hanya Dosen Yang Bisa Membuat Akun Google Scholar?

Tidak

Bagaimana Mencari Google Scholar ID?

Kamu bisa cek di bagian profil saya

Kenapa Tidak Bisa Membuka Google Scholar?

Untuk itu, kami sudah membahasnya secara lengkap di artikel “Kenapa Google Scholar Tidak Bisa Dibuka”

Apa Itu Google Scholar

Google Scholar adalah sebuah mesin pencarian publikasi ilmiah seperti artikel jurnal, artikel prosiding, buku, skripsi/tesis, dan sebagainya