Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara mencari jurnal yang terindeks di Scopus, kamu bisa simak dan temukan jawabannya di artikel ini!. Simak sampai habis yah!

Scopus adalah salah satu database sitasi atau literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia Elsevier. Scopus diperkenalkan ke masyarakat luas pada tahun 2004. Scopus biasanya bersaing dengan Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters, yang juga merupakan pusat data terbesar di dunia.

Meskipun WOS diterbitkan lebih awal dari Scopus, Scopus sebenarnya lebih populer dan menawarkan lebih banyak jurnal (20% lebih banyak) daripada WOS. Selain Scopus, database lain yang memiliki banyak data adalah Sciencedirect. Seperti yang kita ketahui, database ini juga diterbitkan oleh Elsevier.

Kedua database tersebut fokus pada 4 bidang keilmuan. Diantaranya, ilmu fisika dan teknik, ilmu hayat, ilmu kesehatan, ilmu sosial dan humaniora.

Baca Juga : Download Jurnal Scopus Gratis 

Namun, Scopus masih memiliki cakupan jurnal yang lebih tinggi daripada Sciencedirect. Karena Sciencedirect hanya memasukkan data artikel di jurnal Elsevier. Selain memamerkan karya ilmiah, Scopus juga menghadirkan data paten dari berbagai penelitian di seluruh dunia.

Kamu Ingin Tahu Info Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit? Simak Poin Paling Bawah Yah!

2 Cara Mencari Jurnal Di Scopus

2 Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikanmu 2 cara mudah untuk mencari jurnal yang terindeks di Scopus.

Silahkan simak yang berikut ini :

Baca Juga : Jasa Publikasi Jurnal Scopus, Cepat Terbit ! 

1. Cara Mencari Jurnal Di Scopus Gratis Di Scimago JR

Cara Mencari Jurnal Di Scopus Gratis Di Scimago JR

Cara pertama adalah dengan menggunakan situs scimagojr.com. Saya sering ke SJR untuk melihat ranking sebuah jurnal yang terbagi menjadi 4 kuartil yaitu Q1, Q2, Q3, dan Q4.

  • Buka dan kunjungi situs web scimagojr.com
  • Pilih bidang subjek yang diperlukan untuk jurnal. Misalnya, karena ini adalah bidang farmasi, maka kita akan mencari bidang “Farmakologi, Toksikologi dan Farmasi“.
  • Pilih subjek kategori jurnal yang diinginkan. Kategori subjek adalah subkategori dari bidang subjek jurnal internasional yang Anda cari
  • Temukan kuartil yang diinginkan dan unduh datanya ke Excel
  • Pastikan jurnal terindeks Scopus

Kamu Ingin Tahu Info Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit? Simak Poin Paling Bawah Yah!

2. Cara Mencari Jurnal Index Scopus Di Web Resmi Scopus

Cara Mencari Jurnal Index Scopus Di Web Resmi Scopus

Ada banyak tempat untuk menerbitkan jurnal cepat dan gratis, jika Anda ingin tahu, ikuti tautan untuk membaca artikel.

Cara kedua dapat digunakan jika Anda sudah memiliki daftar nama jurnal untuk diperiksa. Simak cara-caranya di bawah ini:

  • Kunjungi situs resmi Scopus https://www.scopus.com/home.url
  • Klik “Sumber” di bagian atas
  • Isikan nama jurnal pada kolom “Enter Title” dan tekan Enter atau klik “Find Source”
  • Jika nama jurnal yang Anda ketik sudah ditemukan di kolom pencarian, klik jurnal dan periksa tahun liputannya.
  • Centang juga “Scopus Content Coverage” di bagian bawah. Jurnal Scopus dengan data tahun 2020 yang dimasukkan tetap akan terindeks.

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Q1, Q2, Q3, Q4 Yang Mudah Terbit [FAST TRACK]

Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Q1, Q2, Q3, Q4

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk publikasi jurnal scopus. Dan mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan pendampingan publikasi jurnal Scopus yang berkualitas dan profesional.

Kini Kami (Riviera Publishing) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan jika memilih pendampingan publikasi jurnal Scopus kami :

  • Jaminan mendapatkan ID Scopus
  • Jaminan mendapatkan Sertifikat
  • Jaminan akan terindeks Scopus
  • Jaminan Non Presentation
  • Jaminan Full Text
  • Jaminan Terbit
  • Harga sangat Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Penting! Kami hanya menyediakan 20 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun 2022 ini. Saat artikel ini dibuat, sampai saat ini hanya tersisa 2 Slot terakhir saja .

Bagi kamu yang tertarik untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus, bisa langsung konsultasi kepada Tim Ahli Scopus kami melalui Whatsapp di bawah ini dan dapatkan promo Bulan Juni!

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan kami seputar cara mencari jurnal di Scopus dan cara melihat jurnal Scopus yang semoga bisa berguna bagi rekan-rekan semua.

Khusus bagi pengunjung web Riviera, kami menawarkan sesi konsultasi gratis seputar publikasi jurnal Scopus. Silahkan klik link di bawah ini.

KONSULTASI GRATIS PUBLIKASI JURNAL SCOPUS

TAG : cari jurnal di scopus > mencari jurnal scopus > cara melihat jurnal scopus > cara melihat jurnal di scopus > cara mencari jurnal scopus q1 > cari jurnal terindeks scopus


FAQ

Dimana Mencari Jurnal Scopus?

Bisa menggunakan Scimago, Elsevier, Web Scopus

Cara Mengetahui Jurnal Terindeks Scopus Q Berapa?

Nah, cara tersebut sudah kami paparkan di dalam artikel ini. Yuk cek!

Scopus Sampai Q Berapa?

Sampai 4 (Q1-Q4)