Cara Publikasi Jurnal

Cara Publikasi Jurnal Sinta, Internasional, Nasional & Scopus

Ingin mengetahui bagaimana cara publikasi jurnal baik Nasional, Internasional, Sinta & Scopus? Jika benar, kamu wajib baca artikel ini sampai selesai! Karena kami akan memberikan tips dan triknya sekarang juga!

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa publikasi jurnal ini biasanya dilakukan oleh para akademisi seperti Mahasiswa, Dosen, Doctor dan juga peneliti.

Dengan cara publikasi jurnal ilmiah baik itu Nasional maupun Internasional, para akademisi akan memperoleh keuntungan seperti angka kredit yang meningkat, tentunya angka kredit ini berguna untuk syarat jabatan fungsional dan bisa juga untuk syarat kelulusan.

Yang paling penting, publikasi jurnal ini bisa untuk meningkatkan portofolio para akademisi khususnya untuk dosen. Dan untuk Mahasiswa, bisa untuk syarat kelulusan ataupun tugas kuliah.

Publikasi Artikel Jurnal yang Gratis

Tapi apakah kamu tau untuk publikasi jurnal gratis itu sangatlah rumit, persaingannya ketat hampir mustahil untuk lolos di publikasi jurnal gratis.

Jadi jika kamu ingin melakukan publikasi artikel jurnal, kami sarankan untuk menggunakan layanan jasa publikasi ilmiah dari Riviera Publishing.

Kami telah melayani ribuan publikasi ilmiah dari dalam negeri dan mancanegara, ingin tau apa saja benefit yang kamu dapatkan jika publikasi ilmiah di Riviera Publishing, yuk hubungi Admin kami sekarang juga!

Tertarik? Konsultasikan Sekarang!

Nah, untuk publikasi jurnal sendiri, bisa dilakukan dua cara yaitu dengan publikasi jurnal Nasional dan juga Internasional.

Baiklah, langsung saja berikut ini kami paparkan beberapa cara publikasi jurnal di semua rumpun ilmu :

Cara Publikasi Jurnal Sinta, Internasional, Nasional & Scopus

Cara Publikasi Jurnal Sinta, Internasional, Nasional & Scopus

Berikut adalah cara publikasi jurnal ilmiah baik di Sinta, Internasional, Google Scholar, Scopus, OJS, Portal Garuda dan lain sebagainya.

Simak sampai habis ya!

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Cara Publikasi Jurnal Di Sinta

Perlu kita ketahui bahwa Sinta menawarkan fitur analisis, identifikasi hasil penelitian dan juga Benchmark yang mana bisa kamu manfaatkan untuk menerbitkan jurnal sinta.

Biasanya, para author di jurnal sinta ini bisa berasal dari penulis perseorangan ataupun sebuah institusi.

Nah, berikut ini langkah-langkah dan cara publikasi jurnal di Sinta :

Baca Juga : Biaya Publikasi Jurnal Sinta 

  • Mulailah dengan mendaftar akun SITA.
  • Anda dapat memulai tahap pendaftaran dengan login ke www.sinta.ristekdikti.go.id/.
  • Mengisi formulir untuk mengisi beberapa data diri seperti nama dan NIDN orang yang berprofesi sebagai instruktur.
  • Masukkan ID Google Cendekia yang terkait dengan masing-masing institusi.
  • Isikan nama kampus dan alamat email, ini tentunya resmi dan masih digunakan.
  • Pastikan semua data formulir sudah lengkap.
  • Data yang tidak lengkap dapat mengganggu proses validasi.
  • Luangkan waktu sejenak untuk menerima verifikasi dari tim verifikasi di lembaga penelitian, teknologi, dan pendidikan tinggi.

Pemeriksaan verifikasi ini biasanya melalui beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan nama, NIDN, verifikasi artikel di Google Scholar, dan verifikasi email. Inilah sebabnya mengapa Anda harus melengkapi semua data formulir selama proses pendaftaran.

Jika beberapa tahapan ini terlewati, status pada tampilan layar dapat berubah menjadi Terverifikasi.

Perlu Anda ketahui bahwa setelah proses verifikasi berhasil, ID di Google Scholar tidak dapat diubah lagi. Tim SIINTA hanya dapat mengubah data ini dengan mengirimkan beberapa metode terlebih dahulu.

Ingin Konsultasi Terkait Cara Publikasi Jurnal? Klik Gambar Whatsapp Dibawah ini ya! (Konsultasi Gratis)

Cara Publikasi Jurnal Nasional

Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Mungkin beberapa dari rekan-rekan sudah mengetahui bahwa kebanyakan publikasi jurnal ini sifatnya berbayar mulai dari pelayanan hingga terbitan naskah ilmiahnya.

Tapi, perlu difahami juga bahwa ada beberapa jurnal yang menawarkan publikasi secara gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun.

Nah, berikut ini cara publikasi jurnal nasional gratis :

  1. Pastikan Tulisan Original 
  2. Mematuhi Aturan dan Kebijakan Penyelenggara Publikasi 
  3. Submit Sesuai Bidang Keilmuan 
  4. Memperhatikan Tema atau Topik Artikel Ilmiah 
  5. Mencari Tempat Publikasi Jurnal Nasional Gratis 

Sebelum kamu memutuskan memilih publikasi jurnal secara gratis, mungkin kamu harus mengetahui kekurangannya terlebih dahulu.

Mari kita simak.

Memang, kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk proses publikasinya. Tapi, apakah kamu tahu bahwa ada kekurangan yang akan kamu alami jika memilih tempat publikasi jurnal gratis?

Jika kamu memilih tempat publikasi jurnal gratis, maka kamu akan melewati proses review yang sangat ketat. Proses reviewnya juga memerlukan waktu yang tidak sebentar (6 – 8 bulan).

Kemudian, kamu harus tau bahwa hanya naskah yang berkualitas tinggi yang bisa diterima di jurnal-jurnal gratis.

Jika memang naskahmu di terima, selanjutnya kamu juga harus menunggu waktu yang cukup lama untuk jurnal tersebut terbit. Kisaran 6 bul an sampai 1 tahun.

Tapi, jika kamu memilih tempat publikasi jurnal yang tidak gratis, malah kamu akan mendapatkan beberapa benefit.

Adapun benefitnya sebagai berikut :

  • Proses reviewnya tidak ketat (karena akan kami bantu)
  • Proses review tidak memerlukan waktu lama (karena kami memiliki banyak Tim yang sudah ahli dalam bidangnya)
  • Jika naskah terdapat revisi, maka akan kami berikan arahan sampai jurnal tersebut lolos
  • Naskahmu akan di dampingi (kami akan mendampingi naskahmu sampai bisa terbit di jurnal impianmu)
  • Jika naskah sudah lolos, maka tidak perlu menunggu waktu lama untuk publikasinya (naskahmu bisa terbit bulan ini juga)
  • Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal (biaya publikasi jurnal kami terbilang terjangkau)

Nah, Benefit-benefit tersebut hanya bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan jasa publikasi jurnal dari Riviera Publishing.

Klik Whatsapp di bawah ini untuk konsultasi publikasi jurnal

Cara Publikasi Jurnal Internasional

Cara Publikasi Jurnal Internasional

Baiklah, pada bagian ini kami akan membahas mengenai cara publikasi jurnal internasional agar naskah milikmu bisa cepat diterima oleh pihak jurnal internasional.

Silahkan simak langkah-langkah di bawah ini :

1. Memiliki Naskah Artikel Jurnal Yang Akan Publish (Berbentuk Draft)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan pada cara publikasi jurnal internasional adalah naskah yang kamu miliki harus dibuat berdasarkan hasil penelitian dengan standar internasional. Bila mengutip dari jurnal lain, usahakan menyertakan referensi sumber asli.

2. Terjemahkan Bahasa Secara Profesional Keilmuwannya

Dalam Cara Publikasi Jurnal Internasional, Semua jurnal internasional harus dalam bahasa yang sesuai dengan keputusan Perserikatan Bangsa-Bangsa, salah satunya adalah bahasa Inggris atau yang lain, dan terjemahan ini tidak hanya terjemahan ke bahasa target, tetapi juga terjemahan artikel itu sendiri, disesuaikan dengan konteks ilmiah, tujuan dan maksud.

Cara publikasi jurnal internasional kedua adalah, tata bahasa dalam naskahmu harus sesuai dalam bahasa yang ditentukan oleh pihak PBB seperti contoh bahasa inggris.

Dan, tulisanmu juga harus sesuai dengan tata bahasa yang baik. Jika kamu tidak mahir dalam berbahasa inggris, tidak disarankan untuk menggunakan bantuan alat translate karena hasilnya tidak akan maksimal.

Nah, dalam hal ini kamu bisa menyewa jasa penerjemah jurnal yang berkompeten untuk menerjemahkan jurnalmu.

Kamu mencari jasa penerjemah jurnal yang profesional? Klik Whatsapp di bawah ini untuk konsultasi dan dapatkan promo bulan Juni!

3. Mempunyai Jurnal Yang Relevan Dengan Rumpun Keilmuwanmu

Ini bersifat wajib. Naskah yang kamu buat, harus sesuai dengan rumpun ilmu yang sedang kamu tempuh. Nah, jika kamu ingin mencari contoh atau referensi jurnal internasional, kamu bisa langsung kunjungi situs ScopusThomson ReutersElsevier, dan Proquest.

4. Lihat Jurnal Yang Sesuai

Artikel dirancang untuk penerbit jurnal internasional, inilah yang harus Anda ketahui; tabel, gambar, grafik, dan lainnya untuk meningkatkan peluang Anda untuk dipublikasikan di jurnal Anda.

5. Tunggu Proses Review

Setelah artikel diterima oleh penerbit, cara publikasi jurnal internasional selanjutnya adalah melalui proses review, dan waktu proses untuk peer reviewer bervariasi dari yang paling cepat 1 bulan sampai yang paling lama 8 bulan.

6. Revisi

Reviewer akan memberikan komentar berdasarkan saran dari peer reviewer. Hampir 90% perubahan yang dilakukan oleh penulis pemula terkait dengan bahasa. Oleh karena itu, dalam proses penerjemahan, peneliti profesional atau pekerjaan umum diminta untuk menggunakan jasa penerjemahan.

7. Pembayaran

Karena harga sendiri relatif tergantung dari harga penerbit, biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas proses dan hasil jurnal itu sendiri. Mulai dari $30 hingga $5000.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat digunakan sebagai referensi untuk pembuatan jurnal internasional. Bagi yang akan mengirimkan ke jurnal nasional, baca juga artikel kami tentang cara mudah membuat jurnal nasional

Kamu membutuhkan pendampingan publikasi jurnal internasional? Klik Whatsapp di bawah ini untuk konsultasi dan dapatkan promo bulan Juni

Cara Publikasi Jurnal Scopus

Cara Publikasi Jurnal Scopus

Belakangan ini, memang masih banyak dari para akademisi yang bingung mengenai bagaimana cara publikasi jurnal Scopus agar naskahnya mudah diterima.

Berikut cara publikasi jurnal Scopus yang wajib akademisi ketahui:

Baca Juga : Jasa Publikasi Jurnal Scopus, Cepat Terbit !

1. Kenal Lebih Dekat Tentang Scopus

Sebelum mempelajari cara publikasi jurnal Scopus, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh tentang Scopus itu sendiri. Sebenarnya apa sih jurnal internasional terindeks Scopus itu? Bagaimana proses pengajuan naskah ke jurnal internasional? Inilah jawabannya.

Scopus adalah portal rujukan yang menampilkan berbagai penelitian bergengsi dari akademisi di seluruh dunia. Setiap jurnal penelitian dalam daftar Scopus melewati fase kurasi yang ketat. Dari menemukan orisinalitas, waktu penelitian, hingga kualitas tulisan.

2. Pertimbangkan Penerbit Jurnal Scopus Gratis

Jika Anda bertanya-tanya apakah Scopus gratis? Ada dua jawaban. Ada yang gratis, tapi ada juga yang berbayar. Jika selama ini Anda fokus pada publisher berbayar, kini pertimbangkan scopus publisher gratis yang mudah ditembus dan tidak kalah kualitasnya. Beberapa dari mereka adalah:

  • Tinjauan Internasional Penelitian tentang Pembelajaran Terbuka dan Terdistribusi (IRRODI)

Jurnal yang dikhususkan untuk studi kehidupan sosial, khususnya pendidikan, diterbitkan oleh Universitas Athabasca.

  • Jurnal Internasional Ilmu Manajemen dan Manajemen Rekayasa

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh YTaylor dan Francis Online yang menerbitkan penelitian ekstensif tentang manajemen bisnis, akuntansi, dan sistem informasi.

3. Temukan Referensi Jurnal Scopus yang Tepat

Selain mempertimbangkan biaya, yang sebenarnya tidak kalah penting adalah keakuratan jurnal yang Anda kutip. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mencari jurnal di Scopus? Karena begitu banyak artikel yang dimuat di jurnal Scopus, sulit untuk menemukan yang tingkat nasional.

Kuncinya adalah selalu teliti dan fokus pada penelitian yang paling relevan. Untuk mempermudah pencarian Anda, coba masukkan kata kunci yang lebih detail, seperti judul publikasi, nama penerbit, atau bahkan kode ISSN.

4. Mulai Publikasikan Jurnal Penelitian Anda

Untuk membuat jurnal terbaik terindeks Scopus, ikuti tips berikut:

  • Ikuti semua petunjuk dan ketentuan agar jurnal ditulis oleh penerbit yang Anda tuju
  • Cobalah berkomunikasi dengan sarjana dari universitas lain, jika mereka dari negara yang berbeda, penelitian kolaboratif lebih baik
  • Penelitian yang benar dan tepat sasaran
  • Menulis jurnal penelitian 5000-7000 kata, dengan terjemahan yang benar, referensi yang memadai, dan menghindari plagiarisme
  • Terus membangun rekam jejak pencapaian yang kuat dan rekam jejak untuk diri sendiri dan karier Anda

Untuk publikasi jurnal scopus sendiri terbilang sangat sulit sekali. Kamu perlu membutuhkan jasa untuk pendampingan publikasi jurnal scopus agar naskah milikmu bisa diterima dan terbit di jurnal Scopus yang kamu inginkan.

Klik Whatsapp di bawah ini untuk pendampingan publikasi jurnal scopus dan dapatkan promo bulan Juni!

Cara Publikasi Jurnal Ilmiah

Cara Publikasi Jurnal Ilmiah

Pada bagian ini kami akan memberikanmu pembahasan mengenai bagaimana cara publikasi jurnal ilmiah dengan cepat dan mudah.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buat Garis Besar Penelitian

Pertama, garis besar makalah penelitian harus dibuat dengan mengatur semua topik penelitian dalam format yang tepat.

Anda dapat menemukan ide tentang apa yang ingin Anda pelajari dari membaca buku, jurnal, berita, dan bahkan film.

Garis besar esai Anda dapat berupa topik yang Anda sukai atau fokuskan.

Misalnya, Anda belajar di Departemen Hubungan Internasional, dan kemudian Anda memutuskan topik yang Anda fokuskan, mungkin regionalisme seperti Asia Tenggara.

Dari fokus tersebut, Anda kembangkan kembali dengan mencari permasalahan yang ada di kawasan Asia Tenggara.

2. Membuat Draft Penelitian

Pertama, garis besar makalah penelitian harus dibuat dengan mengatur semua topik penelitian dalam format yang tepat.

Anda dapat menemukan ide tentang apa yang ingin Anda pelajari dari membaca buku, jurnal, berita, dan bahkan film.

Garis besar esai Anda dapat berupa topik yang Anda sukai atau fokuskan.

Misalnya, Anda belajar di Departemen Hubungan Internasional, dan kemudian Anda memutuskan topik yang Anda fokuskan, mungkin regionalisme seperti Asia Tenggara.

Dari fokus tersebut, Anda kembangkan kembali dengan mencari permasalahan yang ada di kawasan Asia Tenggara.

3. Patuhi Standar Etika Menulis

Ketiga, pastikan pekerjaan Anda ditulis secara etis. Anda harus menulis topik penelitian asli, yaitu tidak menjiplak.

Anda dapat memasukkan materi berdasarkan ide orang lain, tetapi jangan lupa untuk memparafrase dan mengutip.

4. Mencari Jurnal yang Sesuai

Keempat, kesabaran adalah kunci dari langkah ini. Anda perlu melakukan penelitian mendalam tentang ruang lingkup jurnal dan menemukan yang paling relevan dengan topik penelitian Anda.

Pastikan penelitian yang Anda lakukan termasuk dalam kategori dan ruang lingkup jurnal yang Anda pilih, serta harus bermanfaat dan relevan bagi pembaca jurnal.

Misalnya, jika latar belakang studi Anda adalah akuntansi, disarankan agar Anda memilih jurnal dengan tema akuntansi.

Hal ini karena dengan menggunakan analisis yang sesuai dengan konteks penelitian, Anda dapat menulis makalah Anda dengan lebih mudah.

5. Segera Lakukan Submission 

Tahap terakhir adalah komit. Pastikan Anda mengirimkan artikel akhir Anda dengan benar, karena artikel Anda akan diterima oleh tim redaksi jurnal nantinya.

Editor akan meninjau naskah penelitian Anda untuk kepatuhan. Setelah itu, tim redaksi akan meneruskannya ke mitra bestari atau peer reviewer untuk ditinjau lebih lanjut.

Agar naskah Anda tidak ditolak oleh tim redaksi, Anda harus menyesuaikan template jurnal. Biasanya template jurnal ini sudah tersedia di website penerbitan jurnal.

Khusus untukmu, kami menawarkan sesi konsultasi gratis terkait publikasi jurnal ilmiah, silahkan klik Whatsapp di bawah ini!

Cara Publikasi Jurnal Di Portal Garuda

Cara Publikasi Jurnal Di Portal Garuda

Nah, pada bagian kali ini kami akan memberikanmu sebuah cara publikasi jurnal di Portal Garuda.

Perlu kamu ketahui bahwa Garuda merupakan portal yang berfungsi untuk pengindeksan, pelacakan, peningkatan dan pemantauan standar kualitas publikasi ilmiah di Negara Indonesia.

Semua ini, sudah dirancang dan dibangun oleh IPI (Indonesa Publishing Index). Garuda ini hadir untuk memfasilitasi semua pengelola jurnal dan juga para pengguna referensi ilmiah guna keperluan penelitian dan akademik.

Nah, berikut ini langkah-langkah publikasi jurnal di Portal Garuda :

  • Buka situs portal garuda : https://garuda.kemdikbud.go.id/
  • Pilih suggest
  • Isi formulir yang tersedia
  • Klik submit my suggestion
  • Jika pengisian formulir sudah berhasil, maka tunggu sebentar karena tim porta garuda akan mengirimkan email kepadamu

Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar

Cara Publikasi Jurnal Di Google Scholar

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara publikasi jurnal di Google Scholar kamu bisa simak langkah-langkah berikut ini :

1. Login ke Akun Google Scholar Anda

Langkah pertama pada cara publikasi jurnal di Google Scholar adalah kamu harus login terlebih dahulu menggunakan alamat email institusi maupun email kampus. Jika belum memiliki akun, disarankan untuk mendaftarkannya terlebih dahulu.

2. Klik “Tombol +”

Setelah berhasil login, masuklah ke profil dan klik “Tombol +” yang berada tepat di bawah foto profil.

Setelah di klik, maka kamu akan diberikan pilihan :

  • Tambahkan Grup Artikel
  • Tambahkan Artikel
  • Tambahkan Artikel Secara Manual
  • Update Akun Google Scholar

3. Pilih Opsi “Tambahkan Artikel Secara Manual”

Nah, kalau kebutuhanmu adalah untuk menambahkan artikel yang sudah terbit tetapi belum terindeks di Google Scholar, maka kamu bisa pilih opsi “Tambahkan Artikel Secara Manual”.

Tapi, kalau kamu ingin menambahkan artikel secara otomatis, maka kamu bisa memilih di bagian yang kedua.

Setelah kamu memilih bagian pertama, maka kamu akan diberikan pilihan jenis artikel apa yang ingin kamu masukkan.

Berikut pilihannya :

  • Jurnal
  • Buku
  • Book Chapter
  • Tesis
  • Proseding Hasil Seminar (Nasional atau Internasional)
  • Paten

Di sini, silahkan pilih saja berdasarkan kebutuhanmu.

Misal kebutuhan anda untuk publish jurnal ilmiah, maka anda tinggal menuliskan judul, pengarang, tanggal terbut, nama jurnal, jilid, terbitan, halaman dan penerbit.

Cara Publikasi Jurnal Di OJS Online

Cara Publikasi Jurnal Di OJS Online

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara publikasi jurnal di OJS secara online, bisa langsung simak langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, buka website OJS Journal melalui browser PC agar lebih mudah.
  • Silakan masuk sebagai penulis atau penulis.
  • Klik menu New Submission di layar beranda pengguna untuk mulai mengunggah jurnal online.
  • Kemudian submit ke jurnal online.
  • Centang atau klik kolom daftar pada tampilan informasi yang ditampilkan sebagai konfirmasi persetujuan jurnal yang akan dikirim.
  • Pastikan untuk mengetahui apa arti pesan tersebut sebelum Anda mencentangnya.
  • Tambahkan komentar ke editor jika diperlukan.
  • Klik menu Simpan dan Lanjutkan untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya, upload jurnal gratis atau artikel ilmiah yang sebelumnya tertera pada titik-titik lembar informasi persetujuan sebelumnya.
  • Pastikan Anda mengetahui format file yang didukung yang dapat Anda unggah, yaitu file dokumen Microsoft Word, Open Office dan WordPerfect atau pdf.
  • Bahkan jika Anda yakin dapat mengunggah tanpa mengedit lebih lanjut, mengunggah dalam pdf tidak disarankan.
  • Unggah jurnal atau artikel ilmiah dengan mengklik menu Choose File untuk membuka tampilan Windows Open.
  • Klik file jurnal atau artikel ilmiah untuk diunggah.
  • Klik Buka di jendela Buka Windows untuk memilih file.
  • Klik tombol “Unggah” untuk mengunggahnya.
  • Lanjutkan menyimpan dan lanjutkan ke tahap selanjutnya dengan mengklik menu Simpan dan Lanjutkan.
  • Mengisi metadata dalam manuskrip jurnal atau artikel ilmiah.
  • Lengkapi informasi sebagai penulis.
  • Jika manuskrip jurnal ditulis oleh lebih dari satu penulis, klik menu Add Author untuk menambahkan nama secara berurutan.
  • Jika Anda tidak sengaja menuliskan nama Anda setelah mengklik Add Author, maka klik menu Delete di setiap kolom untuk masing-masing penulis.
  • Naskah jurnal atau artikel ilmiah dengan banyak penulis harus dipesan dengan mengklik ikon panah atas dan bawah (untuk mengubah posisi penulis pertama, penulis kedua, dan penulis berikutnya).
  • Verifikasi bahwa metadata penulis sudah lengkap.
  • Lanjutkan dengan mengisi metadata artikel jurnal, mengisi kolom judul dan abstrak untuk setiap artikel dan jurnal.
  • Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci yang sesuai dengan judul artikel dan kode bahasa, yaitu id untuk bahasa Indonesia, en untuk bahasa Inggris, dll. Ini dirancang untuk memfasilitasi proses pencarian dan pengindeksan bagi pengguna Internet.
  • Jangan lupa sertakan nama sponsor jika ada.
  • Isi lengkap suatu daftar pustaka, atau yang lebih sering disebut dengan bibliografi, merupakan sumber referensi Anda saat menulis artikel atau jurnal ilmiah.
  • Klik menu Save and Continue untuk menyimpan perubahan data sementara dan melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  • Jika diinginkan, Anda dapat mengunggah file lain, seperti data, gambar, dan alat penelitian seperti tabel.
  • Klik menu “Pilih Lampirkan File” dan pilih tombol “Unggah” untuk mengunggah
  • Jangan lupa untuk mengisi ulang file metadata tambahan.
  • Kemudian klik menu Save and Continue untuk menyimpan perubahan data sementara
  • Klik menu Finish Submission untuk konfirmasi bahwa upload artikel atau jurnal online telah selesai.
  • Lihat status upload jurnal yang diupload dengan mengklik menu Active Submissions pada tampilan home page pengguna. Jangan lupa untuk masuk ke akun Anda terlebih dahulu.
  • Jurnal Anda kini telah berhasil diunggah melalui website OJS Journals.

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan yang bisa kami sampaikan terkaitcara publikasi jurnal baik Nasional, Internasional, Sinta & Scopus yang semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

Terimakasih telah membaca!


FAQ

Publish Jurnal Dimana Saja?

Jurnal Syntax Literate > Cerdika > Japendi > Jurnal Syntax Admiration > Jurnal Martiks > Jurnal Glosains

Apakah Publikasi Jurnal Harus Bayar?

Secara umum, memang harus bayar. Karena untuk biaya oprasional

Apa Yang Dilakukan Pada Tahap Publikasi?

Menyusun Manuskrip > Menentukan Target Jurnal > Submit Manuskrip > Reply Dari Editor > Revisi Manuskrip > Submit Manuskrip > Diterima / Ditolak > Proof Manuskrip