Cara Submit Jurnal

Cara Submit Jurnal

Bagi kamu yang sedang mencari cara submit jurnal nasional, sinta, internasional maupun Scopus, kamu datang di artikel yang tepat! Klik dan temukan jawabannya di sini!

Artikel-artikel ilmiah yang telah disusun perlu segera dipublikasikan.Jika Anda masih pemula dalam bidang ini, Anda dapat mempelajari proses pengajuannya terlebih dahulu. Menyerahkan ke jurnal berarti mengirimkan atau mengirimkan naskah artikel ilmiah ke penerbit jurnal. Proses ini dapat dilakukan secara online, terutama karena hampir semua penerbit menawarkan layanan online.

Tahap penyerahan merupakan tahap awal dari proses publikasi berbagai jurnal ilmiah. Setelah proses submit selesai atau berhasil dijalankan, tinggal menunggu proses review penerbit jurnal. Kedengarannya sederhana, namun masih banyak mahasiswa, dosen dan peneliti yang kesulitan menyampaikan.

Belum lagi risiko bertemu dengan jurnal predator yang merugikan peneliti yang juga penulis artikel ilmiah. Proses penerbitan artikel ilmiah melalui jurnal juga membutuhkan waktu. Ini bisa memakan waktu enam bulan atau lebih, tergantung pada banyak faktor.

Cara Submit Jurnal Sinta, Internasional, Nasional & Scopus

Cara Submit Jurnal Sinta, Internasional, Nasional & Scopus

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikanmu beberapa cara submit jurnal baik di Sinta, Internasional, Nasional dan Scopus.

Bagi kamu yang penasaran dengan bagaimana caranya, silahkan simak pembahasan berikut ini :

Cara Submit Jurnal Sinta 1, 2, 3, 4, 5 & 6

Cara submit jurnal pertama yang akan kami berikan adalah cara submit jurnal di sinta baik sinta 1, sinta 2, sinta 3, sinta 4, sinta 5 dan sinta 6.

Bagi kamu yang penasaran dengan langkah-langkahnya, simak berikut ini :

  • 1. Silahkan Kunjungi situs website OJS (Online Journal System) 
  • 2. Daftar “Register” Dengan Akun Kamu “Silahkan isi contact form yang tersedia seperti gambar ini”
  • 3. Selanjutnya, silahkan klik Make a New Submission
  • 4. Kemudian, kamu bisa Isi SectionPilih sebagai Article
  • 5. Di sini, kamu ceklist semua kesediaan yang tertera pada point Submission Requirements
  • 6. Klik Save and Continue
  • 7. Selanjutnya, silahkan Masuk di bagian sesi Submit artikel dan pilih Articel Text
  • 8. Langkah berikutnya, Silahkan Upload File yang akan kamu submit (biasanya format Ms. Word)
  • 9. Di sini, silahkan klik Continue
  • 10. Lalu klik Continue lagi
  • 11. Selanjutnya, silahkan klik Complete
  • 12. Kemudian pilih Save And Continue
  • 13. Sesi tersebut merupakan sesi Point Enter Metadata
  • 14. Nah, setelah itu silahkan Isi bagian yang berbintang merah *
  • 15. Di sini kamu bisa Isikan Judul, Abstract, Contributor (Penulis selain penulis pertama) lalu terakhir Keyword artikel jurnal yang akan kamu submit
  • 16. Judul, Abstract, contributor dan keyword tambahkan sesuai dengan artikel jurnal yang akan kamu submit.
  • 17. lalu tekan Finish Submission
  • 18. Setelah itu tekan OK
  • 19. Submission Complete

Nah, itulah cara ampuh submit jurnal di Sinta yang bisa kamu terapkan.

Khusus untukmu, kami menawarkan sesi konsultasi gratsi bagi kamu yang ingin publikasi jurnal sinta. Klik Whatsapp di bawah ini untuk menghubungi kami!

Cara Submit Jurnal Internasional

Cara Submit Jurnal Internasional

Setelah kamu mengetahui tentang tata cara submit jurnal di Sinta, pada bagian ini kami akan memberikanmu sebuah cara submit jurnal internasional.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • 1. Sebagai langkah awal, silahkan cari jurnal yang sudah terindeks Scopus
  • 2. Berikut kami ambil contoh jurnal terindeks Scopus Agrivita dari Universitas Brawijaya
  • 3. Untuk mengakses website jurnal, klik Jurnal Agrivita

Khusus untukmu, kami memberikan sesi konsultasi gratis untuk publikasi jurnal internasional. Klik Whatsapp di bawah ini untuk mendapatkan promo di Bulan Juni!

Cara Submit Jurnal Di Google Scholar

Cara Submit Jurnal Di Google Scholar

Nah, untuk bagian ini kami akan membahas tentang cara submit jurnal di Google Scholar dengan mudah dan cepat.

Silahkan simak langkah-langkah di bawah ini :

1. Buka dan Login ke Google Scholar

Anda hanya dapat masuk dengan alamat email institusi Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google Cendekia, Anda dapat mendaftar di sini terlebih dahulu.

2. Klik “Tombol +”

Setelah mengklik tombol “+” di bawah foto profil Anda, akan muncul beberapa opsi seperti yang ditunjukkan.

Anda dapat menambahkan anggota tim penulis artikel, menambahkan artikel secara otomatis, menambahkan artikel secara manual, dan memperbarui akun Google Cendekia Anda.

3. Pilih “Tambahkan Artikel Secara Manual”

Jika Anda ingin menambahkan artikel yang sudah diterbitkan tetapi belum terindeks di Google Cendekia, Anda bisa memilih opsi “Tambahkan artikel secara manual”.

Namun, jika Anda memilih “Tambah Artikel” maka Anda akan diarahkan untuk menambahkannya secara otomatis.

Setelah Anda memilih Tambahkan Artikel Secara Manual, Anda dapat memilih jenis artikel yang ingin Anda sertakan.

Baik dalam bentuk jurnal, hasil seminar nasional dan internasional, bab buku, buku, tesis, paten, dll. Anda dapat mengisi kolom yang tersedia sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika Anda ingin memasukkan jurnal ilmiah, maka Anda perlu menulis judul, penulis, tanggal publikasi, nama jurnal, volume, edisi, nomor halaman dan penerbit seperti yang ditunjukkan.

Cara Submit Jurnal Gratis

Cara Submit Jurnal Gratis

Sebenarnya ada dua pilihan penerbitan di jurnal ilmiah, jurnal nasional dan jurnal internasional. Persyaratan penerbitan untuk jurnal internasional biasanya dalam bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. Pada saat yang sama, publikasi nasional biasanya diterbitkan dalam bahasa resmi bangsa Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia.

Kalau mau menerbitkan jurnal nasional bisa banyak. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Bergabung Ke Asosiasi Tertentu

Salah satu cara untuk bisa menerbitkan jurnal adalah dengan bergabung dengan asosiasi tertentu. Bergabung dengan asosiasi tertentu memudahkan kita untuk mendapatkan informasi tentang jurnal yang diterbitkan sesuai dengan bidang ilmunya. Misalnya, jika Anda ingin menerbitkan jurnal tentang kedokteran, Anda dapat bergabung dengan asosiasi dokter yang menerbitkan jurnal medis. Dengan bergabung dalam asosiasi, Anda juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan hubungan dengan editor jurnal.

2. Mengirim Ke Lembaga Yang Menerbitkan Jurnal Internal

Cara lain untuk menerbitkan jurnal adalah dengan mengirimkannya ke lembaga yang menerbitkan jurnal in-house. Beberapa lembaga sering memiliki jurnal internal yang ditujukan untuk publikasi karya anggotanya. Misalnya, sebuah universitas menerbitkan jurnal khusus untuk mahasiswa atau dosen universitas tersebut.

3. Publikasi Jurnal Melalui OJS

OJS adalah singkatan dari Sistem Jurnal Terbuka. OJS adalah platform manajemen dan penerbitan jurnal ilmiah online. Platform ini dikembangkan oleh Proyek Pengetahuan Publik (PKP) dan dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU.

Cara Submit Jurnal Scopus

Cara Submit Jurnal Scopus

Salah satu cara agar jurnal kami dapat diterbitkan di jurnal terindeks Scopus adalah dengan menulis artikel yang berkualitas.

Pengukuran kualitas tentunya mengikuti aturan masing-masing jurnal karena berbeda-beda. Mungkin ada baiknya Anda menyimak tips berikut ini.

Untuk masuk atau mempublikasikan melalui jurnal Scopus, Anda harus mengetahui beberapa hal.

Meskipun beberapa contoh penerbit jurnal Scopus yang akan kita bahas gratis, beberapa di antaranya tetap membutuhkan kualitas, terutama Scopus Q1. Lihat tipsnya di bawah ini.

  1. Referensi yang Diperpanjang
  2. Ketahui semua informasi penting dalam jurnal
  3. Artikel minimal 5000 – 7000 kata
  4. Artikel baru harus jelas
  5. Terjemahkan artikel dengan benar dan benar
  6. Penulis lebih dari 1 (berbeda kampus, beda negara lebih bagus)
  7. Catatan kepengarangan untuk publikasi penting
  8. Hindari plagiarisme hingga 10%
  9. Bekerja keras sampai diterima di Scopus

Khusus untukmu, kami memberikan sesi konsultasi gratis untuk publikasi jurnal Scopus. Klik Whatsapp di bawah ini untuk mendapatkan promo di Bulan Juni!

Rekomendasi 3 Tempat Submit Jurnal Gratis Khusus Untukmu!

Tempat Submit Jurnal Gratis

Menarik sekali, bagi kamu yang sedang mencari tempat submit jurnal gratis, kamu bisa gunakan 3 publikasi jurnal yang kami paparkan di bawah ini!

1. Jurnal Impresi Indonesia

Jurnal Impresi Indonesia
  • Akreditasi/Diakui = LIPI (P & E ISSN)
  • Terbit = setiap bulan tanggal 20
  • Bidang Keilmuan (Scope) = ilmu sosial, ilmu pengetahuan, Ilmu Ekonomi, Ilmu Manajemen, Ilmu Kesehatan, ilmu kedokteran, Ilmu Farmasi, dan Ilmu Teknik.
  • Indexing = Ristekbrin, Garuda Dikti, Copernicus, Harvard University, Dimensions, Microsoft Academic, BASE, EuroPub, Scilit, Worldcat, Oxford University, Google Scholar, Research Gate, Lens, Open Aire, ROAD, DRJI dan Scinapse
  • Link OJS : https://jii.rivierapublishing.id/index.php/jii

Jurnal Impresi Indonesia adalah tempat Upload Jurnal Gratis yang menerbitkan artikel penelitian multidisiplin, yang meliputi: Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu kesehatan, ilmu kedokteran, SDM pengembangan, seni desain dan media.

Tertarik? Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini Untuk submit Jurnal!

2. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian

Jornal Locus Penelitian Dan Pengabdian
  • Akreditasi/Diakui = LIPI (P & E ISSN)
  • Terbit = setiap bulan tanggal 20
  • Bidang Keilmuan (Scope) = Semua aspek ilmu sosial dan Teknik, dari Arkeologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah, Hukum, Politik, Sosiologi, Bahasa yang masuk ke dalam konteks sosial, Teknik Sipil dan Teknik Elektro.
  • Indexing = Ristekbrin, Garuda Dikti, Copernicus, Harvard University, Dimensions, Microsoft Academic, BASE, EuroPub, Scilit, Worldcat, Oxford University, Google Scholar, Research Gate, Lens, Open Aire, ROAD, DRJI dan Scinapse
  • Link OJS = https://locus.rivierapublishing.id/index.php/jl

Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan tempat Ryang mana terbitannya secara berkala setiap bulan. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Terhadap Masyarakat dikelola oleh penerbit CV. Syntax Corporation Indonesia yang menerbitkan naskah ilmiah di semua disiplin ilmu. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian, makalah teknis, makalah konseptual, dan laporan studi kasus dalam ilmu-ilmu sosial.

Tertarik? Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini Untuk submit Jurnal!

3. Journal World of Science

Journal World of Science
  • Akreditasi/Diakui = LIPI (P & E ISSN)
  • Terbit = setiap bulan tanggal 20
  • Bidang Keilmuan (Scope) = ilmu sosial, ilmu pengetahuan, Ilmu Ekonomi, Ilmu Manajemen, Ilmu Kesehatan, ilmu kedokteran, Ilmu Farmasi, dan Ilmu Teknik.
  • Indexing = Ristekbrin, Garuda Dikti, Copernicus, Harvard University, Dimensions, Microsoft Academic, BASE, EuroPub, Scilit, Worldcat, Oxford University, Google Scholar, Research Gate, Lens, Open Aire, ROAD, Copernicus, DRJI dan Scinapse
  • Link OJS : https://jws.rivierapublishing.id/index.php/jws

Journal World of Science merupakan jurnal ilmiah berbentuk penelitian dan dapat diakses secara terbuka. 

Journal World of Science menyediakan sarana untuk diskusi berkelanjutan tentang isu-isu relevan yang termasuk dalam fokus dan ruang lingkup jurnal yang dapat diperiksa secara empiris.

Tertarik? Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini Untuk submit Jurnal!

Cara Membatalkan Submit Jurnal Di OJS

Cara Membatalkan Submit Jurnal Di OJS

Perlu Anda ketahui bahwa manuskrip yang tidak dikirim tidak diperbolehkan. Mengapa? Karena membatalkan atau membatalkan pengajuan jurnal merupakan pekerjaan yang boros (buang-buang tenaga dan waktu) bagi editor atau review jurnal.

Namun jika Anda tetap ingin membatalkan naskah jurnal yang dikirimkan, Anda akan dikenakan denda sebesar Rp 300.000,- (300.000 rupiah).

Jika penulis telah membayar dan mengirimkan bukti pembayaran, redaksi akan membatalkan.

Jika Anda tidak setuju untuk membayar denda atau membatalkan secara sepihak naskah jurnal tanpa sepengetahuan editor. Anda kemudian akan masuk daftar hitam untuk diterbitkan oleh penerbit.

Bahkan manuskrip Anda yang telah diterbitkan sebelumnya akan dihapus di tempat penerbitan jurnal.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mengirimkan, pastikan Anda tidak memilih lokasi jurnal yang salah sehingga Anda tidak perlu membatalkan atau menarik kembali naskah yang telah Anda kirimkan.

Pada dasarnya, kami tidak merekomendasikan cara membatalkan pengiriman jurnal di OJS.

6 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Submit Jurnal

Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Submit Jurnal

Selain melakukan langkah-langkah di atas, yang terbaik adalah melakukan beberapa persiapan penting sebelum mengirimkan naskah Anda. Dengan persiapan yang matang, proses pengajuan menjadi lancar dan penerbitan jurnal tidak lagi membutuhkan waktu lama. Meskipun pada akhirnya tergantung pada hasil review penerbit.

1. Menyusun Artikel Dalam Format Umum 

Persiapan pertama adalah mencoba menulis artikel ilmiah dalam format umum. Mengapa? Karena penggunaan format umum ini, pemilihan penerbit jurnal yang benar dipermudah dan tidak perlu mengubah komposisi artikel karena dianggap tidak memenuhi standar.

2. Memahami Tema Penelitian Dengan Baik 

Sebagai seorang peneliti, penting untuk memahami topik penelitian yang sedang dilakukan dan kemudian menuangkannya ke dalam sebuah artikel ilmiah. Karena pemahaman ini, Anda bisa lebih mudah memilih penerbit jurnal yang tepat. Karena penerbit jurnal biasanya menerbitkan jurnal dalam bidang ilmu tertentu.

3. Menerjemahkan Naskah Artikel Ilmiah 

Terutama bagi mereka yang ingin menerbitkan jurnal internasional. Oleh karena itu, naskah artikel ilmiah yang disusun memerlukan terjemahan. Anda tidak perlu menerjemahkannya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa publikasi jurnal profesional. Hanya saja biayanya ekstra dan masih perlu diperhatikan karena hasil terjemahannya hampir sempurna.

4. Memilih Penerbit Jurnal Terakreditasi 

Selain mempelajari cara submit jurnal yang benar dan benar, langkah persiapan selanjutnya adalah memilih penerbit jurnal yang terakreditasi. Detailnya sudah dijelaskan sebelumnya.

5. Membuat Surat Pengantar 

Penulis yang ingin mempublikasikan artikel ilmiah perlu menyiapkan surat pengantar atau cover letter. Surat pengantar adalah media penulis untuk meyakinkan editor penerbit bahwa artikel yang dia miliki memang layak diterbitkan.

6. Mencari Penerbit Yang Melakukan Call Of Paper 

Jika Anda ingin mengejar ketinggalan dengan publikasi jurnal sesegera mungkin, Anda dapat mencari penerbit yang menelepon. Artinya penerbit mencari artikel ilmiah sebanyak mungkin untuk diterbitkan sekaligus.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang bisa kami sampaikan terkair beberapa cara submit jurnal baik di Sinta, Nasional, Internasional dan Scopus yang bisa kamu gunakan. Semoga ini semua bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar publikasi jurnal, kamu bisa konsultasikan langsung melalui link di bawah ini (KONSULTASI GRATIS)

KLIK UNTUK KONSULTASI GRATIS


FAQ

Langkah Langkah Untuk Submit Jurnal?

Memilih Penerbit Jurnal Terbaik > Menyusun Artikel Sesuai Template > Memahami Tema Penelitian > Menerjemahkan Dengan Benar Naskah Artikel Ilmiah > Membuat Surat Pengantar

Dimana Bisa Submit Jurnal?

Jurnal Impresi Indonesia > Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian > Journal World Of Science > Jurnal Syntax Literate

Apakah Publikasi Jurnal Harus Bayar?

Untuk publikasi jurnal sendiri, ada yang gratis dan adapula yang berbayar