Ciri-Ciri Cerpen

Ciri-Ciri Cerpen

Kamu sedang mencari artikel mengenai ciri-ciri cerpen? kamu bisa simak artikel ini sampai habis, agar kamu mendapatkan jawabannya.

Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu bentuk karya sastra fiksi yang dibuat melalui proses imajinasi penulis.

Karya ini menggambarkan kehidupan manusia dalam bentuk tulisan yang singkat. Biasanya, cerpen hanya memiliki satu alur cerita dan berfokus pada satu tokoh.

Baca Juga : Cara Membuat Cerpen

Pengertian cerpen

Ciri-Ciri Cerpen

sebelum kita masuk kedalam inti pembahasan yaitu ciri-ciri cerpen, sebaiknya kita ketahui dan pahami terlebih dahulu tentang pengertian cerpen.

Cerpen atau cerita pendek merupakan narasi yang terinspirasi dari suatu peristiwa atau pengalaman tertentu dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran moral, religius, atau hiburan.

Umumnya, cerita pendek memiliki jumlah kata yang kurang dari 10 ribu, menciptakan kesan tunggal, dan fokus pada satu tokoh dalam situasi tertentu.

Secara keseluruhan, fungsi cerpen adalah untuk menyampaikan pesan moral, membangkitkan suasana atau perasaan pada pembaca, dan sebagai cara untuk mengabadikan suatu peristiwa.

Ciri-Ciri Cerpen

Cerpen memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dari karya tulis lainnya. Terdapat beberapa ciri-ciri yang memperlihatkan bahwa sebuah cerita adalah cerpen atau cerita pendek. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Dapat dibaca dalam waktu singkat

Ciri-ciri cerpen atau cerita pendek bisa dinikmati dalam waktu yang singkat atau dibaca secara langsung. Biasanya, orang hanya perlu menghabiskan waktu sekitar lima hingga sepuluh menit untuk membaca satu cerpen.

2. Permasalahannya tunggal

Dalam cerpen, hanya terdapat satu permasalahan yang disampaikan. Karenanya, keterlibatan tokoh beserta penjelasan konfliknya tidak terlalu banyak.

3. Watak tokoh tidak dikembangkan secara utuh

Dalam cerpen, karakter tokoh hanya digambarkan sesuai dengan kebutuhan cerita, yaitu disesuaikan dengan perubahan peristiwa yang mempengaruhi jalannya cerita.

4. Keterbatasan latar tempat dan waktu

Dalam cerpen, latar tempat dan waktu yang digambarkan hanya sedikit. Hal ini bertujuan agar pembaca dapat lebih fokus pada alur cerita dan konflik yang terjadi.

5. Ceritanya tidak bertele-tele

Ciri-ciri cerpen meliputi pengurangan unsur yang tidak penting, pemusatkan perhatian pada inti cerita, dan pendalaman dalam cerita pendek. Dengan kata lain, cerpen tidak melebih-lebihkan atau memanjang-lebar.

Oleh karena itu, pengolahan konflik dalam cerpen lebih berfokus dan mendalam, meskipun masalah yang diangkat sebenarnya biasa saja.

6. Bersifat utuh dan khusus

Dalam cerpen, setiap bagian sengaja dirancang dan saling berhubungan untuk menyampaikan ide atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

7. Sumber ceritanya fiktif

Salah satu ciri-ciri cerpen adalah bersifat fiksi atau imajinatif. Meskipun demikian, peristiwa yang digambarkan dalam cerpen masih dapat dipertimbangkan secara logis jika terjadi dalam kehidupan manusia.

Kesimpulan

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami berikan mengenai ciri-ciri cerpen, semoga dengan adanya artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih