Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Bagi kamu yang sedang mencari apa saja ciri-ciri jurnal Internasional yang baik, kamu bisa baca pembahasan kami pada artikel ini. Yuk simak!

Pernahkah Anda mendengar istilah jurnal internasional? Jika Anda seorang mahasiswa, saya rasa Anda sudah cukup familiar dengan istilah ilmiah semacam ini. Secara sederhana, jurnal internasional adalah kumpulan artikel ilmiah yang ditulis dalam bahasa internasional. Namun tentu makna yang sebenarnya tidak sesederhana itu. Ada beberapa ciri jurnal internasional yang perlu Anda ketahui.

Nah, silahkan simak pembahasan kami berikut ini :

Ciri-Ciri Jurnal Internasional Yang Baik

Daftar Isi

Ciri-Ciri Jurnal Internasional Yang Baik

Ciri-ciri jurnal Internasional berikut adalah yang sudah disepakati dan ditentukan oleh instruktur DIKTI dalam Pedoman Penilaian Kredit (PAK). Oleh karena itu, standar ini sduah berlaku secara nasional, sehingga Anda dapat menemukan informasi tambahan tentang standar untuk jurnal internasional yang berbeda, terutama jika sumbernya dari luar negeri.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Di Sinta

1. Ciri-Ciri Jurnal InternasionalDitulis Menggunakan Kaidah Keilmuan

Ditulis Menggunakan Kaidah Keilmuan

Salah satu ciri-ciri pertama sebuah jurnal dapat dikatakan sebagai jurnal internasional adalah adanya beberapa bagian-bagian ilmiah yang terkandung didalam jurnal tersebut. Jika jurnal tersebut tidak ilmiah atau tidak ditulis berdasarkan metode ilmiah, maka namanya bukanlah jurnal melainkan hanya majalah atau karya tulis lainnya.

2. Ciri-Ciri Jurnal InternasionalMemiliki Internstional Standard Serial Number (ISSN)

Memiliki Internstional Standard Serial Number (ISSN)

Ciri-ciri jurnal Internasional kedua adalah memiliki nomor ISSN. Lalu, apa itu ISSN?

ISSN merupakan singkatan dari International Standart of Serial Number yang mana sering digunakan untuk mengidentifikasi sebuah publikasi yang diterbitkan secara berkala baik versi cetak maupun online. Jurnal internasional harus memiliki nomor ISSN yang dapat dilihat pada halaman resmi website jurnal tersebut.

Namun, bilamana jurnal tersebut memiliki 2 edisi yaitu cetak dan online, maka jurnal tersebut harus memiliki 2 ISSN, ISSN dari cetak dan ISSN dari online.

3. Dewan Redaksi Mesti Berasal Dari Minimal 4 Negara Dan Merupakan Ahli Di Bidangnya

Dewan Redaksi Mesti Berasal Dari Minimal 4 Negara Dan Merupakan Ahli Di Bidangnya

Dalam jurnal internasional biasanya terdapat editorial board, atau disebut juga dewan redaksi, yang minimal harus berasal dari 4 negara yang berbeda. Editorial Board berperingkat sebagai ahli di bidang atau jurnal masing-masing.

4. Terindeks Internasional

Terindeks Internasional

Ciri-ciri jurnal internasional selanjutnya adalah terindeksnya database jurnal internasional seperti Scopus, Web of Science atau database jurnal internasional lainnya yang menjadi pertimbangan Ditjen Dikti.

5. Bukan Jurnal Yang Berasal Dari Jurusan – Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Bukan Jurnal Yang Berasal Dari Jurusan

Seperti yang kita ketahui bahwa ada jurnal yang dimiliki oleh universitas atau perguruan tinggi tertentu atau juga dari lembaga. Nah, sebaiknya jurnal International diterbitkan oleh lembaga profesi yang memiliki cakupan luas.

6. Ditulis Dengan Bahasa Internasional Atau Bahasa Resmi PBB

Jurnal internasional harus ditulis dalam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang saat ini memiliki enam bahasa resmi, antara lain Rusia, Prancis, Arab, Inggris, Mandarin, dan Spanyol. Keenam bahasa tersebut merupakan bahasa yang sudah diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Ada beberapa penggunaan indikator dalam bahasa internasional, berikut diantaranya :

  • Sejarah panjang sebagai genre penulisan
  • Status bahasa resminya di beberapa negara
  • Penerapannya dalam berbagai kehidupan, misalnya sebagai sarana bisnis, pendidikan, diplomasi dan ilmu pengetahuan

7. Ditulis Oleh Penulis Dari Berbagai Negara

Ditulis Oleh Penulis Dari Berbagai Negara

Jika jurnal tersebut ditulis oleh 2 orang atau lebih dari negara yang berbeda, jurnal tersebut bisa dikatakan jurnal International. Semisal seperti ini, satu terbitan jurnal berasal dari 2 penulis dari negara yang berbeda.

Meskipun penulis tersebut berasal dari negara yang berbeda, tetapi bahasa penulisan jurnalnya harus menggunakan bahasa Internasional resmi PBB. Akibatnya, jurnal internasional sering ditemukan ditulis dalam bahasa yang dianggap umum, seperti bahasa Inggris.

8. Memiliki Terbitan Versi Daring (Online) – Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Memiliki Terbitan Versi Daring (Online)

Jurnal internasional harus memiliki dua edisi terbitan, yaitu edisi cetak dan edisi daring. Dalam publikasi online, artikel ilmiah sering disajikan dalam format PDF, sehingga pembaca harus mengunduh versi lengkapnya terlebih dahulu.

Jurnal internasional harus diterbitkan secara online karena akan mencakup pembaca yang lebih luas lagi. Karena merupakan jurnal internasional, target audiensnya adalah seluruh dunia. Dengan penulisan dalam enam bahasa internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menggunakan versi online, diharapkan jurnal internasional dapat diakses di seluruh dunia.

9. Terbit Secara Teratur

ciri-ciri jurnal internasional

Jurnal internasional harus diterbitkan secara berkala sesuai dengan jadwal sistematis yang telah ditentukan. Tentu saja, jika jurnal tersebut tidak diterbitkan secara berkala, meski dengan berbagai batasan, akan terlihat tidak profesional.

10. Merupakan Artikel Orisinil Bukan Sekadar Riview Atau Ulasan

ciri-ciri jurnal internasional

Artikel yang memuat konten dari dunia sains harus artikel asli, atau karya berdasarkan hasil penelitian. Oleh karena itu, perlu untuk menghindari artikel jurnal yang hanya berisi review jurnal atau hasil review saja.

Karena review biasanya hanya membahas hasil penelitian yang ada, bukan penelitian asli itu sendiri.

Lebih jauh, penting untuk ditekankan bahwa, meskipun data penelitian digunakan, data yang digunakan harus valid dan dapat diinterpretasikan untuk mendukung teori penelitian.

11. ciri ciri jurnal internasional terindeks scopus – Dikelola Secara Professional 

Tentunya selain ciri-ciri jurnal kredibel tersebut di atas, juga harus dikelola oleh orang-orang terpilih, oleh para profesional. Salah satu bentuk profesionalisme adalah kehadiran editor jurnal.

Tanggung jawab editor jurnal sangat ketat. Faktanya, tidak semua jurnal yang dikirim bisa diinput. Jurnal yang masuk harus memenuhi kriteria dan persyaratan yang ketat untuk lulus. Salah satu publikasi jurnal paling populer dan kredibel milik pemerintah adalah Shinta. Bagi yang penasaran bisa langsung tahu apa itu Shinta.

Selain Shinta, ada yang namanya scopus. Scopus adalah bidang yang tidak di tingkat nasional, tetapi di tingkat internasional. Nah, bagi yang ingin jurnalnya terindeks Scopus harus berbahasa Inggris. Setiap jurnal yang terindeks Scopus pasti menjadi sumber kebanggaan dan nilai tersendiri.

Kriteria Jurnal Internasional – Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Kriteria Jurnal Internasional

Nah, perlu kamu ketahui juga bahwa jurnal Internasional memiliki beberapa kriteria yang dapat menjadi ciri dari jurnal lainnya.

Berikut beberapa kriteria jurnal Internasional :

  • 1. Karya ilmiah ditulis sesuai dengan kaidah ilmiah dan etika ilmiah
  • 2. Memiliki ISSN
  • 3. Miliki publikasi versi online
  • 4. Manajemen profesional (keakuratan reguler, ketersediaan instruksi penulisan, status jurnal, dll.)
  • 5. Bertujuan untuk menampung/mengkomunikasikan temuan ilmiah dan/atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu
  • 6. Bagi masyarakat ilmiah/peneliti dengan disiplin ilmu yang relevan.
  • 7. Penerbitan oleh penerbit/lembaga penelitian/organisasi profesi/universitas dan unitnya
  • 8. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris, dan abstrak adalah Bahasa Indonesia.
  • 9. Karya tulis ilmiah yang memuat penulis minimal dari dua institusi yang berbeda.
  • 10. Terdapat dewan redaksi yang terdiri dari para ahli di bidangnya masing-masing dan para ahli dari sekurang-kurangnya dua lembaga yang berbeda.
  • 11. Menurut pertimbangan kelompok ahli Dirjen Dikti, jurnal nasional yang memenuhi kriteria 1-10 dan termasuk dalam DOAJ atau halaman lain bernilai lebih tinggi dari jurnal nasional, paling banyak 15 .

Tips Membuat Jurnal International

Tips Membuat Jurnal International

Tidak semua orang tahu teknik yang tepat untuk menulis jurnal internasional. Hal ini dikarenakan jurnal internasional ditulis dalam bahasa standar dan memiliki aturan penulisan. Penulisan jurnal internasional biasanya ditulis secara berurutan dari judul hingga referensi yang digunakan.

1. Perbanyak Latihan Menulis

ciri-ciri jurnal internasional

Tips dan trik pertama yang harus Anda ketahui saat menulis untuk jurnal internasional adalah memperbanyak latihan menulis Anda. Dengan memiliki pengalaman menulis, tentu akan memperbesar peluang untuk lolos pada situs jurnal internasional seperti Scopus dan lain sebagainya. Juga, Anda dapat berlatih membuat semua pekerjaan yang Anda lakukan menarik bagi pembaca.

2. Tentukan Pembaca – Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Tentukan Pembaca

Selain belajar membuat jurnal, Anda juga harus mengidentifikasi pembaca yang akan dijurnal. Tentu saja, dengan mengidentifikasi pembaca Anda, penjurnalan akan lebih mudah bagi Anda.

Selain itu, dengan mengidentifikasi pembaca juga memudahkan Anda untuk mengirimkan jurnal Anda ke lokasi yang tepat. Anda juga bisa menuliskan berbagai kata yang akan membuat pembaca tertarik untuk terus membaca jurnal tersebut.

3. ciri ciri jurnal internasional issnTentukan Tema Penelitian

Tentukan Tema Penelitian

Tips dan trik menulis jurnal internasional selanjutnya adalah mengidentifikasi topik penelitian. Kami menyarankan Anda menggunakan topik yang menarik bagi banyak pembaca jurnal. Anda juga dapat mencari topik yang berkembang dan menarik perhatian. Dengan begitu, jurnal yang dibuat berpotensi untuk diterbitkan oleh jurnal internasional.

4. Buatlah Tulisan Yang Membuat Pembaca Tertarik

Buatlah Tulisan Yang Membuat Pembaca Tertarik

Tips dan trik selanjutnya adalah menulis jurnal yang akan membuat pembaca tertarik dengan jurnal Anda. Cara ini tentu saja tidak mudah dilakukan karena Anda harus mencari artikel yang akan menarik pembaca. Dalam hal ini, Anda harus selalu membaca berbagai jurnal yang terlihat menarik.

5. Koreksi Tulisan – Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Koreksi Tulisan

Tips dan trik penulisan jurnal internasional selanjutnya adalah mengoreksi tulisan yang akan dikirim. Koreksi dalam penulisan sangat penting agar tidak terjadi kesalahan kata, ejaan maupun kalimat.

6. Hindari Plagiarisme

Hindari Plagiarisme

Plagiarisme adalah sesuatu yang harus dihindari oleh semua penulis. Bahkan jika Anda bisa menulis jurnal yang sangat bagus, Anda tidak akan mendapatkan apresiasi dari pembaca Anda jika konten tersebut ternyata plagiasi. Bahkan tindakan plagiarisme hanya akan mempermalukan diri sendiri.

Pentingnya Jurnal Bereputasi

Persiapan jurnal internasional penting dilakukan, terutama bagi dosen yang berencana melamar menjadi guru besar. Menerbitkan setidaknya 4 jurnal internasional bergengsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan gelar profesor. Tapi mengapa publikasi jurnal internasional harus bergengsi? Tentu saja, mampu memenuhi kriteria ini meningkatkan kesulitan. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kepentingan jurnal internasional ternama itu sendiri.

Keberadaan jurnal internasional ternama sangat penting untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dunia. Tak heran jika dosen Indonesia perlu mempublikasikan di jurnal internasional bergengsi.

1. Ada tanda-tanda kegiatan penelitian ilmiah yang terus menerus

Kepentingan atau manfaat utama dari penerbitan jurnal internasional bergengsi adalah untuk menunjukkan bahwa kegiatan penelitian sedang berlangsung. Jurnal internasional baru diindeks oleh database terkenal setiap bulan atau bahkan setiap hari.

Jurnal-jurnal baru ini menunjukkan bahwa kegiatan penelitian sedang berlangsung di seluruh dunia. Karena jurnal internasional adalah jurnal yang diterbitkan oleh para peneliti dari seluruh dunia.

2. Ciri-Ciri Jurnal Internasional – Hasil penelitian yang kredibel

Jurnal internasional bereputasi terjamin hanya akan terindeks di beberapa database terpercaya. Jurnal-jurnal dari database terpercaya seperti Scopus ini menjadi referensi bagi siapa saja yang mencari jurnal berkualitas.

3. Memberikan referensi untuk penelitian selanjutnya

Jurnal internasional bereputasi akan membantu peneliti muda dan baru untuk menemukan referensi berkualitas tinggi. Topik yang menjadi acuan ini diperlukan untuk memperkuat landasan teori dari kajian yang dipilih.

4. Mengusulkan solusi untuk berbagai masalah

Jurnal internasional berisi hasil penelitian yang disusun dengan standar tinggi kelas dunia. Hasil penelitian ini dijamin reliabel, dan berdasarkan data, siapa saja yang memiliki akses dapat menerapkan data tersebut.

Salah satunya digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Misalnya, ada masalah dengan pembuangan sampah plastik. Kecenderungan orang untuk membakar plastik ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

5. ciri ciri jurnal internasional dan nasional – Menjadi bahan pembelajaran

Jurnal internasional bereputasi ideal untuk bahan studi. Guru dan dosen dapat menggunakannya untuk menulis buku teks, monografi, dan karya ilmiah lainnya.

6. Akses mudah ke pengetahuan

Publikasi dari jurnal ilmiah bergengsi, termasuk jurnal nasional dan internasional. Pada saat yang sama, ini menyediakan cara yang sangat nyaman bagi publik untuk memperoleh pengetahuan.

7. Ciri-Ciri Jurnal Internasional – Meningkatkan keterampilan menulis peneliti

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jurnal internasional dapat menjadi referensi bagi para peneliti untuk memperkuat landasan teoritis penelitian mereka.

Isi jurnal juga akan memberikan informasi bagaimana menulis jurnal internasional yang baik dan benar. Ikuti struktur jurnal itu sendiri.

Kesimpulan

Nah, demikianlah ulasan yang bisa kami sampaikan terkait ciri-ciri jurnal internasional beserta tips untuk membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih!

TAG : ciri ciri jurnal internasional bereputasi, ciri-ciri jurnal internasional bereputasi, ciri ciri jurnal internasional adalah, ciri ciri jurnal internasional kesehatan, ciri ciri jurnal internasional terindeks scopus – ciri-ciri jurnal internasional di google scholar – ciri ciri jurnal internasional terakreditasi – ciri ciri jurnal internasional issn – ciri ciri jurnal internasional dan nasional


FAQ

Apakah Jurnal Internasional Harus Bahasa Inggris?

Ya, harus menggunakan salah satu bahasa resmi PBB

Cari Jurnal Internasional Dimana Ya?

Microsoft Academic > Directory Of Open Access Journals > Google Scholar > Researchgate > Sciencedirect > Academia.Edu

Bagaimana Cara Memilih Jurnal Yang Baik?

Cek Q1-Q4 Jurnal > Perhatikan Domain > Pilih Situs Berdasarkan Bidang Keilmuan > Cari Di Google Scholar