Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus

Halo sobat Riviera Publishing! Pada kesempatan ini kami akan sedikit berbagi informasi tentang Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus, penasaran seperti apa pembahasannya? simak selengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Jurnal Scopus?

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus, kita kenali terlebih dahulu apa itu Scopus.

Simak Juga: Jurnal Terindeks Scopus Terupdate 2024

Jadi, Scopus adalah sebuah database jurnal internasional atau layanan indeksasi open akses terbesar di dunia saat ini. Scopus ini berada dalam naungan perusahaan publikasi yang berasal dari Belanda yaitu Elsevier, dan perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1880.

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Scopus

Nah dibawah ini adalah ciri-ciri jurnal terindeks scopus yang bisa Anda pelajari:

1. Memiliki Dewan Redaksi Internasional

Salah satu kriteria jurnal terindeks Scopus adalah keberadaan dewan redaksi yang anggotanya berasal dari setidaknya empat negara yang berbeda. Dewan redaksi ini harus terdiri dari pakar di bidang terkait, yang mewakili jurnal tersebut.

2. Ditulis oleh Penulis dari Berbagai Negara

Ciri lain dari jurnal yang terindeks Scopus adalah bahwa artikel yang dipublikasikan harus ditulis oleh penulis dari berbagai negara. Minimal, terdapat kontributor dari dua negara berbeda dalam setiap edisi publikasi. Ini menjadi syarat penting agar jurnal dapat dianggap sebagai jurnal internasional.

3. Terindeks di Database Internasional

Untuk menjadi jurnal yang diakui secara internasional, jurnal tersebut harus terindeks dalam database internasional, seperti Web of Science, Scopus, atau database lain yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikti).

4. Mengandung Artikel Asli, Bukan Hanya Review

Jurnal yang terindeks Scopus harus memuat artikel yang bersifat orisinal, bukan sekadar ulasan atau review. Artikel-artikel yang dipublikasikan harus berdasarkan penelitian asli atau karya ilmiah yang baru, sehingga memberikan kontribusi nyata dalam bidang ilmu pengetahuan.

5. Bukan Jurnal dari Spesialisasi Khusus

Jurnal terindeks Scopus tidak boleh hanya berasal dari satu jurusan atau spesialisasi khusus di suatu universitas atau lembaga tertentu. Jurnal semacam itu harus mencakup cakupan yang lebih luas, tidak terbatas pada satu bidang tertentu.

6. Terbit Secara Teratur

Kriteria penting lainnya adalah jurnal tersebut harus diterbitkan secara berkala, sesuai jadwal yang telah ditentukan. Konsistensi dalam jadwal publikasi menunjukkan profesionalitas dan komitmen dari jurnal tersebut.

Call For Paper Pendampingan Publikasi Jurnal Terbit September 2024

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua jurnal nasional yang sudah terindeks sinta ini bisa terbit dengan cepat. Kira-kira, dibutuhkan waktu paling cepat 4 bulan – 1 tahun lamanya.

Karena, jurnal terindeks sinta ini biasanya terbit secara berkala, 3 bulan sekali, 4 bulan sekali bahkan ada yang 1 tahun sekali.

Agar naskah anda cepat terbit di jurnal Sinta, maka anda bisa konsultasikan kepada tim kami.

Di sini, kami (Riviera Publishing) menjadi solusi terbaik untuk Jasa Publikasi Jurnal Sinta. Semua bisa kami atasi dengan cepat, tepat dan berkualitas.

5 Keuntungan yang akan kamu dapatkan:

✅Garansi 100% Terbit
✅Legalitas Publisher Terjamin
✅LOA Cepat
✅Administrasi lengkap (Invoice & Kwitansi)
✅E-Sertifikat Author Publish

Tunggu apa lagi Ambil Kuotanya Sekarang!

Riviera

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai ciri-ciri jurnal terindeks scopus, kami harap dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan kita semua. Terimakasih!