Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek jurnal terindeks Scopus, kamu bisa simak artikel berikut ini. Klik dan temukan jawabannya.

Dimiliki oleh Elsevier, salah satu penerbit terkemuka di dunia, Scopus adalah pusat data terbesar di dunia, berisi puluhan juta artikel ilmiah yang diterbitkan beberapa dekade lalu hingga saat ini. Padahal, meski jumlahnya tidak signifikan, ada beberapa dokumen dalam database Scopus yang diterbitkan sebelum Perang Dunia II.

Fungsi utama Scopus adalah membuat indeks literatur ilmiah untuk memberikan informasi akurat tentang metadata setiap artikel ilmiah, termasuk data publikasi, abstrak, referensi, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Di Scopus 

Selain itu, Scopus menyediakan data agregat yang menunjukkan tingkat pengaruh jurnal (journal impact) atau lembaga (institutional impact) di bidang publikasi ilmiah, berdasarkan hubungan kutipan artikel yang diterbitkan oleh jurnal atau oleh peneliti.

Sebuah institusi. Hasilnya, pengguna Scopus dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang apa yang telah diterbitkan oleh penerbit atau lembaga penelitian di seluruh dunia, di mana kami harus mempublikasikan karya kami.

Ingin Tahu Publikasi Jurnal Scopus Cepat Terbit? Simak Sampai Habis Yah!

2 Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus Mudah Dan Cepat

2 Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus Mudah Dan Cepat

Ada 2 cara untuk mengecek jurnal terindeks Scopus. Ada dua metode di sini.

1. Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus Lewat Scimago Jr

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus Lewat Scimago Jr

Scimago JR adalah situs pemeringkatan jurnal dengan menggunakan database Scopus. Artinya, sebagian besar jurnal di Scimago JR (SJR) sudah terindeks Scopus.

Ingat, ya, kebanyakan berarti tidak semua. Oleh karena itu, database yang digunakan oleh SJR adalah data Scopus lama, yang mungkin merupakan jurnal yang masih terindeks SJR tetapi tidak lagi terindeks Scopus.

Meski begitu, SJR masih menjadi situs yang digunakan untuk memeriksa peringkat. SJR membagi jurnal menjadi 4 kuartil, Q1, Q2, Q3, dan Q4, yang sering dibanggakan civitas akademika.

Baca Juga : Download Jurnal Scopus Gratis 

Nah, berikut ini cara mengecek apakah jurnal Scopus sudah terindeks melalui SJR.

  • Buka dan kunjungi halaman Scimago JR https://www.scimagojr.com/
  • Masukkan judul jurnal internasional dan klik untuk masuk
  • Membuka hasil pencarian yang sesuai dengan judul jurnal yang Anda masukkan sebelumnya. Jika jurnal tersebut ada di hasil pencarian, maka jurnal tersebut masih terindeks oleh Scopus. Jangan lupa perhatikan juga kuartil jurnal (Q) jika bukan berarti belum.
  • Jika Anda tidak memiliki daftar judul jurnal yang ingin dicari, Anda bisa masuk ke menu ranking jurnal
  • Anda dapat mengatur “Semua Area Subjek”, “Semua Kategori Mata Pelajaran”, dll untuk memudahkan menemukan judul jurnal yang tepat.

Meski berfungsi penuh, SJR memiliki kelemahan seperti tidak update data Scopus. Selain itu, jurnal yang baru saja terindeks scopus tidak terindeks di SJR karena membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk jurnal mencapai kuartil.

Oleh karena itu, sebaiknya cek langsung di website Scopus.

2. Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus Lewat Scopus

Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus Lewat Scopus

Pasti akan lebih mudah dengan melihatnya langsung di website Scopus, baca tutorial lengkapnya.

Berikut cara melihat jurnal yang terindeks Scopus:

  • Buka dan kunjungi situs resmi Scopus https://www.scopus.com/home.uri
  • Klik “Sumber” di pojok kanan atas
  • Masukkan nama jurnal pada kolom “Enter Title” dan tekan Enter atau klik “Find Source
  • Jika nama jurnal yang Anda masukkan di kolom pencarian tidak ada, klik jurnal dan periksa tahun liputannya.
  • Juga centang “Cakupan Konten Scopus” di bagian bawah, jika data tahun 2021 masuk, berarti jurnal masih terindeks Scopus.

Namun, meski saya cek langsung di situs resmi Scopus, masih ada masalah. Seringkali kendala Scopus lambat untuk mengambil data dari jurnal yang tidak diterbitkan selain Elsevier.

Terkadang dibutuhkan setidaknya 1 bulan dari volume/edisi terakhir yang diterbitkan untuk mendapatkan indeks rentang.

Penawaran Eksklusif Pendampingan Publikasi Jurnal Scopus Q1, Q2, Q3 & Q4 Mudah Terbit

Belakangan ini, masih banyak dari mereka yang belum mengetahui terkait berapa harga normal yang dibutuhkan untuk publikasi jurnal scopus. Dan mereka menganggapnya sangat mahal.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa harga tersebut tergantung pada rangking jurnal dan reputasinya. Jadi, tidak semua publikasi jurnal scopus ini di tarif dengan harga mahal.

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.

Tapi perlu ingat, bahwa publikasi jurnal Scopus yang gratis, proses reviewnya super ketat. Bahkan, untuk proses reviewnya saja bisa memakan waktu 1-2 tahun. Dan itu juga kalau naskah bapak/ibu di ACC oleh publisher.

Jadi, jika naskah milik bapak/ibu ingin cepat di ACC dan terbit di jurnal Scopus, maka dibutuhkan pendampingan publikasi jurnal Scopus yang berkualitas dan profesional.

Kini Kami (Riviera Publishing) hadir untuk menjadi solusi terbaik terkait publikasi jurnal Scopus. Terkhusus kepada rekan-rekan baik dosen, mahasiswa, peneliti, doctor dan guru.

Kami siap mendampingi naskah milik Bapak/Ibu agar bisa terbit di jurnal Scopus baik Q1, Q2, Q3 dan Q4.

Berikut beberapa benefit yang akan kamu dapatkan jika memilih pendampingan publikasi jurnal Scopus kami :

  • Jaminan mendapatkan ID Scopus
  • Jaminan mendapatkan Sertifikat
  • Jaminan akan terindeks Scopus
  • Jaminan Non Presentation
  • Jaminan Full Text
  • Jaminan Terbit
  • Harga sangat Terjangkau

Jika naskah yang kamu miliki belum lengkap, kami juga siap untuk melengkapi dan memperbaiki naskah milik kamu agar sesuai dengan kriteria dalam publikasi jurnal Scopus.

Penting! Kami hanya menyediakan 20 Slot saja untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus di tahun 2022 ini. Saat artikel ini dibuat, sampai saat ini hanya tersisa 2 Slot terakhir saja .

Bagi kamu yang tertarik untuk pendampingan publikasi jurnal Scopus, bisa langsung konsultasi kepada Tim Ahli Scopus kami melalui Whatsapp di bawah ini dan dapatkan promo Bulan Juni!

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan kami terkait bagaimana cara mengecek jurnal terindeks Scopus yang semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.

Khusus bagi kamu pengunjung website, kami menawarkan sesi KONSULTASI GRATIS terkait publikasi jurnal Scopus. Silahkan klik link di bawah ini.

KLIK UNTUK MEMULAI KONSULTASI GRATIS

TAG : Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus > Cara Cek Jurnal Terindeks Scopus > Cara Mengetahui Jurnal Terindeks Scopus > Check Journal Scopus > Cara Cek Jurnal Scopus > Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus Atau Tidak > Cara Cek Jurnal Terindeks Scopus Atau Tidak

Baca Juga : Jasa Publikasi Jurnal Scopus, Cepat Terbit ! 


FAQ

Bagaimana Cara Mengetahui Suatu Jurnal Sudah Terindeks Scopus?

Untuk caranya, sudah kami paparkan di dalam artikel ini

Apa Yang Dimaksud Dengan Jurnal Scopus?

Scopus diketahui sebagai database yang dimiliki dan dikelola oleh Elsevier yang merupakan salah satu penerbit karya ilmiah terkemuka di dunia

Scopus Sampai Q Berapa?

Q4