Tingkatan Jurnal Sinta

Tingkatan Jurnal Sinta

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja Tingkatan Jurnal Sinta atau akreditasi pada jurnal sinta, silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai!

Sinta (Science and Technology Index) merupakan sebuah portal indexing journal yang dikelola oleh Kemendikbud Republik Indonesia.

Ada juga yang mengatakan bahwa Sinta adalah sebuah database untuk Jurnal Nasional yang sudah terakreditasi oleh Arjuna.

6 Tingkatan Jurnal Sinta Yang Wajib Kalian Ketahui!

6 Tingkatan Jurnal Sinta Yang Wajib Kalian Ketahui!

Nah, perlu kamu ketahui bahwa ada 6 kategori pada tingkatan jurnal sinta. Yaitu sinta 1, sinta 2, sinta 3, sinta 4, sinta 5 dan sinta 6.

Pembagian kategori ini berdasarkan dari peringkat akreditasi sebuah jurnal.

Akreditasi sebuah jurnal sendiri sudah diatur dalam peraturan Kemenristek Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 mengenai Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Adapun pembagiannya simak sebagai berikut :

  • Tingkatan Jurnal Sinta 1 dengan nilai (n) mulai dari 85 ≤ hingga 100≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 1 (S1)
  • Tingkatan Jurnal Sinta 2 dengan nilai (n) mulai dari 70 ≤ hingga 85 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 2 (S2)
  • Tingkatan Jurnal Sinta 3 dengan nilai (n) mulai dari 60 ≤ hingga 70 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 3 (S3)
  • Tingkatan Jurnal Sinta 4 dengan nilai (n) mulai dari 50 ≤ hingga 60 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 4 (S4)
  • Tingkatan Jurnal Sinta 5 dengan nilai (n) mulai dari 40 ≤ hingga 50 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 5 (S5)
  • Tingkatan Jurnal Sinta 6 dengan nilai (n) mulai dari 30 ≤ hingga 40 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 5 (S5)

Baca Juga : Cara Membuat Akun Sinta

Apa Itu Sinta

Setelah menjelasakan tentang tingkatan jurnal sinta, selanjutnya kita harus tahu pengertian Sinta. Apa itu Sinta?

Sinta kepanjangan dari Science and Technology Index. Sinta sendiri adalah sebuah laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek sehingga menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi. Sinta juga bisa diartikan sebagai sebuah database atau pusat data jurnal nasional terakreditasi

Baca Juga : Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Kesimpulan

Nah, cukup sekian saja pembahasan kita kali ini mengenai apa saja tingkatan jurnal sinta, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.


FAQ

Paling tinggi Sinta berapa?

Instrumen penilaian akreditasi berdasarkan pada Permenristekdikti Nomor 9 tahun 2018 dan Perdirjen Risbang no 19 tahun 2018 yang memberikan peringkat 1 sampai 6, dan diakronimkan sebagai Sinta 1 sampai 6.

Apa itu jurnal sinta 1?

Jurnal Sinta secara garis besar adalah database jurnal-jurnal nasional yang sudah terakreditasi oleh ARJUNA. 

Berapa lama waktu publish jurnal?

Jika kamu memilih publikasi jurnal sinta yang gratis, maka kamu akan melalui proses review naskah yang super ketat dan tidak ada yang mendampingimu