Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Halo sobat publikasi, selamat datang di blog riviera Publishing yang tentunya akan membantu kamu mengatasi kesulitan di dunia perjurnalan.

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya publikasi jurnal Scopus , Anda bisa kunjungi blog riverarapublishing.id atau klik teks biru di atas ya!

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan sedikit mengenai Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta yang benar, semoga tutorial ini dapat menjadi solusi dan bermanfaat buat kalian.

Oh iya, bagi yang ingin tahu berapa biaya submit jurnal bisa mengunjungi blog Riviera Publishing atau klik teks berwarna biru di atas!

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta Mudah

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta

Pada bagian ini kami akan memberitahu kamu langkah langkahnya untuk Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta mudah.

Tutorial ini ditujukan untuk para verifikator SINTA, dimana salah satu tugas dari verifikator SINTA adalah melakukan sinkronisasi Google Scholar sehingga metadata karya ilmiah dosen di profil Google Scholar dibawa ke dalam portal SINTA.

Dalam tutorial ini, saya akan menyinkronkan Google Scholar dari salah satu dosen di tautan berikut: https://scholar.google.com/citations?user=pBiiwtsAAAAJ&hl=id&oi=ao

Ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini dengan teliti,  simak sampai selesai!

Login pada link berikut : https://sinta.ristekbrin.go.id/authorverification/?mod=login

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta Mudah

Cari dosen yang bersangkutan dengan menggunakan nama dosen atau NIDN dosen.

Perhatikan juga di sini bahwa bagian Statistik Penulis di bagian Google Cendekia menunjukkan bahwa artikel tersebut masih 0, dalam hal ini tidak pernah disinkronkan.

Melakukan sinkronisasi semudah mengklik menu Minta Sinkronisasi Google.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta Mudah

Pilih Ya, kirim permintaan dan tunggu proses sinkronisasi berhasil. Tanda bahwa sinkronisasi selesai, kemudian jumlah artikel di bagian statistik penulis.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta Mudah

Seperti yang bisa dilihat, ada 5 artikel di bagian Google Cendekia, berdasarkan jumlah publikasi di profil Google Cendekia yang bersangkutan.

Oleh karena itu, kita dapat melihat SINTA instruktur melalui link https://sinta.ristekbrin.go.id/authors dan mencari nama instruktur yang bersangkutan berdasarkan kata kunci.

Lihat bahwa jumlah dokumen di Google adalah 5, yang dapat Anda lihat dengan memilih menu Dokumen GS.

Cara Sinkronisasi Google Scholar Dengan Sinta Mudah

Baca Juga : Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Cara Mencari Jurnal Di Google Scholar

Cara Mencari Jurnal Di Google Scholar

Berikut langkah-langkah dalam cara mencari jurnal di Google Scholar :

  1. Buka dokumen artikel yang menjadi referensi
  2. Lihat kata kunci yang digunakan, biasanya ada pada bawah abstrak. Disini saya akan contohkan : Archivist, Records Management, Industry 4.0 sebagainya
  3. Catat dan copy kata kunci tersebut ke mesin pencari google scholar
  4. Lakukan pencarian artikel
  5. Selanjutnya tahapan yang sama hingga menemukan artikel yang sesuai.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Sinta

Kesimpulan

Nah, cukup sampai sini saja pembahasan yang bisa kami dapat sampaikan. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian, terimakasih.


Apa itu akun Sinta?

Fungsi Sinta adalah merekam publikasi dan kutipan dosen melalui Google Scholar. Melalui akun Sinta Anda, Anda akan melihat peringkat publikasi institusi serta peringkat publikasi penulis.

Kenapa tidak bisa buka google scholar?

Perlu Anda ketahui bahwa alasan utama masalah ini terletak pada jaringan yang mengirimkan kueri otomatis saat Anda mengunjungi halaman tersebut

Apa fungsi Google Cendekia?

Bagi mahasiswa, Google Scholar ini dapat digunakan untuk mencari literatur dan referensi ketika mengerjakan skripsi.