Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Kali ini kami akan memberikan Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Sinta, tentunya sangat membantu bagi para dosen dan mahasiswa.

Tentunya setiap dosen yang akan melakukan penelitian akan menulis karya ilmiah bedasarkan hasil penelitian tersebut. Setelah menyelesaikan sebuah karya ilmiah tentunya perlu di publikasikan.

Penting juga untuk memastikan bahwa karya ilmiah yang diterbitkan berada di jurnal nasional yang terakreditasi.

Karena tidak bisa dipublikasikan, karena ada aturan khusus dalam proses penerbitan karya ilmiah. Oleh karena itu, berikut ini kami jelaskan Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Oh iya, bagi yang ingin tahu berapa biaya submit jurnal bisa mengunjungi blog Riviera Publishing atau klik teks berwarna biru di atas!

Aturan-aturan ini dikembangkan untuk memastikan bahwa karya ilmiah pra-publikasi mematuhi peraturan yang berlaku.

Untuk anda yang ingin Konsultasi Gratis terkait publikasi jurnal sinta bisa langsung klik gambar whatsapp di bawah ini :

Baca Juga : Cara Publikasi Jurnal

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Ciri-Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Inilah ciri ciri Jurnal terindeks sinta yang kalian harus diketahui ikuti kami terus, karna kami akan membahasanya berikut ini:

  • Harus Memenuhi Kaidah Keilmuan

Memenuhi kaidah keilmuan, baik itu jurnal nasional maupu jurnal internasional harus mempunyai kebermanfaatan dalam segi bidang ilmu pengetahuan.

  • Memiliki ISSN

Jurnal nasional juga hrus mempunyai internasional standar serial number atau biasa di sebut ISSN. ISSN sendiri memiliki keunggulan dalam mempermudah proses administrasi jika ada pesanan jurnal.

  • Memiliki Terbitan Versi Online

Meskipun jurnal nasional tidak seluas ruang lingkuh jurnal internasional yang merambah ke berbagai benua dan dunia.

  • Dikelola Secara Profesional

Jika jurnal sudah berskala nasional maka harus dikelola secara professional misalnya jurnal harus terbit secara berskala dengan tepat waktu.

  • Bertujuan Untuk Menampung Hasil Penelitian Dalam Disiplin Ilmu Tertentu

Jurnal ilmiah ditulis sesuai dengan prinsip kemanfaatan dalam bidang keilmuan. Dengan menggunakan berbagai jenis metode penelitian dalam bidang keilmuan yang berkaitan dengan keahlian.

  • Ditujukan Bagi Masyarakat Ilmiah

Jurnal-jurnal yang ditulis dari berbagai artikel ilmiah ditujukan untuk masyarakat ilmiah, dalam hal ini mengacu pada para cendikiawan yang membutuhkan informasi yang valid di beberapa bidang ilmiah

  • Diterbitkan Oleh Lembaga Yang Mumpuni

Jurnal nasional harus diterbitkan oleh penerbit/organisasi profesi/badan ilmiah atau bisa juga perguruan tinggi dengan unit – unitnya.

  • Memuat Karya Ilmiah Dari Penulis Yang Berasal Dari Minimal Dua Istitusi Yang Berbeda

Jika jurnal internasional harus berisi penulis dari setidaknya 2 negara yang berbeda, jurnal nasional harus memiliki penulis dari setidaknya 2 lembaga yang berbeda.

  • Memiliki Dewan Direksi/Editor

Jika dewan jurnal internasional berasal dari 4 negara yang berbeda, maka dewan jurnal nasional setidaknya berasal dari dua lembaga yang berbeda.

  • Terindeks DOAJ

(DOAJ) Directory of Open Access Journals adalah bagian dari situs web yang mencantumkan jurnal akses terbuka. Jurnal akses terbuka adalah jurnal ilmiah dengan standar kualitas tinggi.

Untuk anda yang ingin Konsultasi Gratis terkait publikasi jurnal sinta bisa langsung klik gambar whatsapp di bawah ini :

Baca Juga : Cara Download Jurnal Di Sinta

Apa Itu Jurnal Sinta?

Apa Itu Jurnal Sinta?

sesudah ke Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta kami akan memberi tahu apa itu sinta, baiknya kita ketahui dulu apa itu Jurnal Sinta?

Jurnal sinta memiliki kepanjangan dari Science and Technology Index. Sinta sendiri adalah sebuah portal ilmiah atau laman  daring yang dikelola oleh kemendikbud ristek sehingga menyediakan daftar jurnal nasional yang terakreditasi.

Dan sinta juga dapat diartikan sebagai pusat data atau database jurnal nasional terakreditasi. Sehingga mampu dijadikan tujuan utama untuk mencari sumber referensi dalam bentuk jurnal nasional dengan kualitas yang telah diakui oleh kemendikbud ristek.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Di Sinta

Akhir Kata

Nah, cukup sekian pembahasan kami mengenai Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. Terimakasih!


FAQ

Bagaimana cara mengetahui jurnal terindeks Sinta?

Cara Mengecek Sinta Jurnal Di Website Resminya. 1. pertama, silahkan buka situs sinta di url: https://sinta. kemdikbud.go.id/.

Apa perbedaan terindeks Scopus dan Sinta?

Jika Sinta merupakan database atau pangkalan data pustaka untuk jurnal nasional terakreditasi. 

Apa yang dimaksud dengan jurnal terindeks?

Dengan kata lain, jurnal terindeks adalah suatu jurnal yang diterbitkan oleh suatu lembaga penerbit tertentu, yang berada di bawah lembaga perguruan tinggi maupun non-perguruan tinggi