Cara Masuk Jurnal Scopus

Cara Masuk Jurnal Scopus

Kali ini kami akan menjelaskan sedikit mengenai Cara Masuk Jurnal Scopus. Nah, Bagi kalian semua yang sedang mencari Langkah langkanya kalian bisa ikuti artikel ini sampai akhir. Supaya kalian dapat mengikuti langkah langkahnya dengan benar.

Cara Masuk Jurnal Scopus

Perlu kalian semua ketahui bahwasannya persaingan sangat ketat dan kualitas kualitas artikel merupakan pertimbangan utama sebelum mengirim.

Ada beberapa pedoman yang perlu kalian diperhatikan sebelum mengirim artikel ke jurnal yang sudah terindex oleh scopus.

Apa Itu Scopus?

Apa Itu Scopus?

Sebelum kita membahas Cara Masuk Jurnal Scopus, alahkah baiknya kita semua mengenali terlebih dahulu tentang.

Scopus merupakan salah satu penyedia database atau pusat data jurnal yang meliputi Abstrak dan kutipan dari literatur peer-review seperti buku, jurnal ilmiah dan prosiding seminar

Pusat data (Database) tersebut dapat digunakan sebagai melihat apa yang telah diteliti, dan dari sini juga kita bisa mengetahui kontribusi penelitian yang sedang kita kerjakan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Baca Juga : Template Jurnal Scopus

6 Cara Masuk Jurnal Scopus

6 Cara Masuk Jurnal Scopus

Lanjut dengan pembahasaan inti mengenai Cara Masuk Jurnal Scopus dengan mudah, ikuti tahapan tahapan dibawah ini sebagai berikut:

1. Sesuaikan Bidang Ilmu Yang kalianTempuh

Untuk yang pertama adalah kalian harus memperhatikan apakah yang kalian pilih sesuai dengn bidang yang kalian tuju dengan harapan sebelum memposting, agar editor dapat memproses artikel milikmu

Artikel yang telah diterima oleh scopus akan langsung di riview lansgung oleh para ahli dalam bidang keilmuannya masing-masing, sehingga mengakibatkan nilai artikel menjadi pertimbangan yang tinggi

Dan bagi kalian yang ingin menemukan bidang ilmu yang tepat, kalian bisa menyesuaikan dengan ruang lingkup yang telah ditentukan oleh pihak jurnal.

2. Gunakan Manuscript Jurnal Yang Baik Dan Bagus

ini bagian dimana ruang lingkup penelitian merupakan manuskrip artikel yang bagus untuk dipertimbangkan.

Syarat untuk naskah artikel yang baik ialah, ketika artikel tersebut memudahkan para pembaca untuk memahami isi dalam jurnal tersebut.

3. Perbanyak Latihan Dalam Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

Latihan memang merupakan hal yang sangat penting dalam penulisan sebuah artikel jurnal, karena dengan latihan menulis dapat mengasah keterampilan dalam menulis.

Jika tulisan yang kalian buat sudah teratur dan sudah di publikasikan di beberapa jurnal nasional maka artikel yang telah kalian buat tadi dapat dilihat oleh pengelola jurnal

Dengan latihan yang konsisten dan baik maka penulisan artikel jurnal akan meningkat dan kemampuan analisis juga dapat meningkat, selain itu kamu juga dapat menyesuaikan dengan ruang lingkup penelitian jurnal

Baca Juga : Syarat Jurnal Terindeks Scopus

4. Tulislah Artikel Yang Menarik Dan Inovatif

Kalian harus mengajukan naskah artikel yang inovatif, menarik dan praktis yang dimana nantinya ada dari pihak jurnal akan melihat materi yang cukup relevan dengan isu terkini.

5. Hindari Plagiarisme

Plagiarism atau Plagiat merupakan salah satu aspek penting yang harus kalian benar-benar jauhi. Karena dapat merusak artikel dan merugikan diri kita sendiri

Jika kamu hendak untuk mengambil sebuah kutipan dari dalam buku atau sebuah artikel, sebisa mungkin kamu harus menyertakan sumber tersebut.

6. Coba Berkonsultasi Dengan Mereka Yang Pernah Publish Jurnal Di Scopus

Tahapan yang terakhir ini sangat penting untuk dilkukan. Kalian dapat mengikuti sebuah semiar atau Webinar yang sedang berlangsung.

Karena bisa secara langsung berkonsultasi dengan para dosen atau peneliti yang telah menerbitkan artikel mereka ke scoopus dan kamu bisa secara langsung meminta sekaligus tips and trick yang mereka gunakan agar terindex oleh scoopus

6 Tips Agar Masuk Jurnal Scopus

6 Tips Agar Masuk Jurnal Scopus

Kita telah mempelajari Cara Masuk Jurnal Scopus selanjutnya kita juga akan membahas Tips Agar artikel yang kalian bikin terindeks oleh Scopus. Dikutip dari duniadosen.com, Simak Tips Sebagai berikut :

  1. Ketahui Mangsa Pasar
  2. Manuscript Jurnal yang Baik dan Bagus
  3. Banyakin Latihan Menulis Arikel Jurnal
  4. Buat Tulisan yang Paling Mudah
  5. Buatlah Pembaca agar tertarik dengan Jurnal kita
  6. Sebisa mungkin jauhi Plagiarisme

Baca Juga : Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Kesimpulan

Nah, cukup sampai disini pembahasaan kita tentang Cara Masuk Jurnal Scopus. Bagi Para dosen dan mahasiswa yang bingung untuk memulainya bisa ikuti langkah langkah diatas.

Semoga apa yang kami jelaskan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semuanya tidak hanya dosen atau mahasiswa saja.


FAQ

Cek Scopus dimana?

Berikut cara melihat jurnal yang terindeks Scopus: Buka dan kunjungi situs resmi Scopus https://www.scopus.com/home.uri. Klik “Sumber” di pojok kanan atas.

Jurnal Scopus untuk apa?

Kegunaan Scopus ialah mengaitkan semua artikel yang tersusun ke portal yang merupakan alat ukur prestasi peneliti di masing-masing negara.

Apa itu jurnal Scopus dan Sinta?

Jurnal Sinta secara garis besar adalah database jurnal-jurnal nasional yang sudah terakreditasi oleh ARJUNA. Sementara jurnal Scopus merupakan database untuk jurnal internasional bereputasi.