Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja Syarat Jurnal Terindeks Scopus, kamu bisa simak dan temukan jawabannya di artikel ini!

Syarat Jurnal Terindeks Scopus Wajib Diketahui

Untuk penulisannya sendiri jurnal yang akan masuk dalam Scopus tentunya harus dilakukan persis seperti yang ditentukan.

Penolakan dapat terjadi jika kamu menghasilkan jurnal yang tidak sesuai keinginan pembeli. Penolakan jurnal juga dapat terjadi jika dikirim dalam format yang tidak sesuai, serta materi pelajaran yang tidak sesuai, dll.

Agar makalah atau jurnal kalian terindeks Scopus, tentunya kalian juga harus memperhatikan peraturan dan penggunaan bahasa.

Selain itu juga jangan lupa untuk kalian selalu mencari informasi dan mengecek jurnal-jurnal yang sudah sukses terbit di Scopus. Anda juga harus memahami dengan baik standar penulisan di Scopus seperti di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Standar Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah menulis artikel ilmiah dalam format yang telah ditentukan. Jika Anda menerbitkan makalah atau artikel ilmiah dalam format yang tidak pantas, editor akan langsung menolaknya.

Untuk bisa menulis artikel ilmiah dalam format tersebut, kalian dapat membaca petunjuknya di website jurnal tersebut terlebih dahulu.

Selain itu, kalian juga dapat mengunduh template artike ilmiah yang sudah diterbitkan dalam format docx. Setelah mengunduh templatenya, modifikasi format artikel ilmiah yang kalian buat sendiri sesuai dengan peraturan yang terdata.

Apa Itu Jurnal Scopus?

Apa Itu Jurnal Scopus?

Scopus adalah salah satu database sitasi atau literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia Elsevier. Scopus diperkenalkan ke masyarakat luas pada tahun 2004. Scopus biasanya bersaing dengan Web of Science (WOS) yang diterbitkan oleh Thomson Reuters, yang juga merupakan pusat data terbesar di dunia.

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

Syarat Jurnal Terindeks Scopus

adapun Syarat Jurnal Terindeks Scopus yang wajib kalian ketahui sebegai berikut:

Syarat Jurnal Terindeks Scopus – Topik Yang Sesuai

Syarat Jurnal Terindeks Scopus yang pertama adalah topiknya yang sesuai.

Agar artikel jurnal dapat diterbitkan dan diindeks oleh Scopus, kalian juga harus menulis tentang topik yang relevan dengan penelitian kalian.

Dalam hal ini, kalian harus benar-benar teliti pada subjek penelitian yang kamu gunakan tersebut. Jika topik tidak sesuai maka jurnal yang kalian bikin akan langsung ditolak

Syarat Jurnal Terindeks Scopus – Menggunakan Bahasa Yang Standar

Selanjutnya yang akan diikutsertakan dalam Scopus adalah penggunaan bahasa yang minimal standar. Umumnya jurnal internasional ditulis dalam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, antaranya ada Inggris, Cina, Arab, Prancis, dan Rusia.

Oleh karena itu, jika kamu ingin jurnal yang kamu lolos dan terindeks Scopus, maka kamu harus menulis dalam bahasa yang teridentifikasi. Ini merupakan salah satu Syarat Jurnal Terindeks Scopus yang wajib kamu ketahui dan kamu gunakan.

Bagi mereka yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik, harap membuat buku harian dalam bahasa Inggris. Namun, jika bahasa Inggris Anda tidak lancar, sebaiknya gunakan penerjemah online atau offline, seperti Google Translate.

Baca Juga : Download Jurnal Scopus Gratis

Kebaruan

Kebaruan merupakan salah satu Syarat Jurnal Terindeks Scopus. Hal ini dilakukan agar jurnal yang kalian hasilkan berbeda dengan jurnal terbitan yang lain. Selain itu, kebaruan juga dimaksudkan agar jurnal yang dibuat dapat menyajikan topik atau pokok bahasan terkini yang belum pernah diteliti oleh penulis lain.

Dalam hal ini, kalian juga harus dapat meyakinkan pembaca bahwa mereka tertarik untuk membaca jurnal yang telah dihasilkan.

Perhatikan Deadline

Batas waktu penyerahan jurnal menjadi salah satu bagian terpenting dan Syarat Jurnal Terindeks Scopus.

Jika kalian gagal mengirimkan naskah, dalam batas waktu yang telah ditentukan, kualifikasi kalian untuk pengiriman akan secara otomatis didiskualifikasi.

Oleh karena itu, perhatikan tanggal waktu saat menulis atau mengirimkan ke jurnal.

Syarat Jurnal Terindeks Scopus Yang Menghindari Plagiarisme

Syarat Jurnal Terindeks Scopus adalah tidak adanya plagiarisme. Saat kalian menulis jurnal, cobalah untuk tidak menyalin atau menempel dari karya orang lain. Kalian juga, pastikan bahwa teks yang kalian tulis berbeda dari teks yang diterbitkan.

Ada satu cara untuk mengetahui apakah jurnal yang kalian hasilkan mengandung unsur plagiarisme, yaitu dengan mengecek jurnal tersebut dalam situs duplichecker.com

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Tingkat Kualitas Data

Syarat Jurnal Terindeks Scopus yang terakhir adalah tingkat kualitas data jurnal yang kalian hasilkan. Dalam hal ini sebaiknya kalian mencari referensi sebanyak-banyaknya agar kualitas analisis data yang kalian bikin menjadi lebih tinggi

Jurnal terindeks scopus memiliki tujuh persyaratan, mulai dari penulisan dalam format hingga tingkat kualitas data jurnal. Oleh karena itu, untuk memenuhi syarat masuk jurnal Scopus, Anda harus selalu belajar meningkatkan kualitas tulisan dan memperbanyak referensi bacaan.

Kesimpulan

Nah, cukup sekian Bagi yang ingin mengetahui apa saja Syarat Jurnal Terindeks Scopus. Semoga yang kami jelaskan di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.


FAQ

Berapa kum jurnal Sinta 5?

“SINTA 5 dan 6 adalah jurnal nasional belum terakreditasi dengan nilai KUM maksimum 10. Sedangkan SINTA 3 dan 4 belum terakreditasi dengan nilai KUM maksimum 20.

Apa beda Scopus dan scimago?

Scopus adalah database abstrak dan kutipan artikel di jurnal (antara lain). ScimagoJR (Scimago Journal Ranking) adalah pemeringkatan jurnal.

Apa perbedaan jurnal sinta 1 dan 2?

Tingkatan Jurnal Sinta 1 dengan nilai (n) mulai dari 85 ≤ hingga 100≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 1 (S1) Tingkatan Jurnal Sinta 2 dengan nilai (n) mulai dari 70 ≤ hingga 85 ≤.