Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Nah, bagi kalian yang inin mengetahui tentang Pada Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus. Pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya, karna bagi banyak orang yang blum mengetahuinya.

Scopus sendiri merupakan salah satu layanan index atau penyedia database yang sudah terbilang besar. Scopus juga akan dapat mengevaluasi dan memberikan penilaian terhadap setiap jurnal.

Scopus merupakan istilah dari “kuartil” supaya membedakan atau mengelompokan dalam seuah jurnal menurut kualitas pada masing-masing.

Pada saat ini scopus memiliki 4 katergori dan 4 kuartil, berikut 4 kuartil yang dimaksud kuartil 1 (Q1), kuartil 2 (Q2), kuartil 3 (Q3), dan kuartil (Q4).

Kuartil diurutkan dari yang tinggike yaitu artinya Q1 yang merupakan kuartil yang terbaik dan Q4 merupakan berada di peringkat paling bawah,  akan tetapi setiap kuartil memiliki kegunaannya yang berbeda.

Baca Juga : Format Penulisan Jurnal Scopus

Apa Itu Scopus?

Apa Itu Scopus?

Sebelum kita membahas Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus, alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu, Apa itu scopus?

Scopus merupakan salah satu penyedia database atau pusat data jurnal yang meliputi Abstrak dan kutipan dari literatur peer-review seperti buku, jurnal ilmiah dan prosiding seminar.

Pusat data (Database) tersebut dapat digunakan sebagai melihat apa yang telah diteliti, dan dari sini juga kita bisa mengetahui kontribusi penelitian yang sedang kita kerjakan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus

Setelah membahas tentang scopus selanjutnya kita akan membahas Cara Melihat Quartile Jurnal Scopus dengan mudah maka dari itu simak Quartile dibawah ini dengan teliti.

1. Melalui Situs Scimago

Melalui situs Scimago
  • Untuk kalian para pemula kalian bisa pergi untuk mengunjungi wbsite resmi ScimagoJr “http://www.scimagojr.com”
  • Lagkah selanjutnya kalian bisa pergi ke kolom pencarian dan ketik judul yang kamu inginkan lalu klik enter.
  • Selanjutnya kamu akan mendapatkan berbagai jurnal yang telh bereputasi, dan telah terindex oleh scopus.
  • Pelu kalian ketahui bahwasannya akan ada 4 warna yang berbeda dangan menunjukan indikator dari setiap Quartilenya masing masing, Berikut 4 warna yang berbeda:
  • Quartile 1 merupakan Quatile hijau.
  • Quartile 2 merupakan Quatile kuning.
  • Quartile 3 merupakan Quatile orange.
  • Quartile 4 merupakan Quatile merah.

Baca Juga : Template Jurnal Scopus

2. Melalui Situs Resmi Scopus

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah kunjungin laman resmi Scopus yaitu “https://www.scopus.com/”
  • Setelah itu jika kalian belum memiliki akunnya, kalian bisa meng klik “Create Account”
  • Jika sudah kalian lanjut dengan klik opsi “Sources”
  • Selanjutnya kalian meng klik opsi “Sources”, dan kamu akan disediakan dengan beberapa kolom seperti gambar yang berada dibawah ini sebagai berikut :
Melalui Situs Resmi Scopus

Untuk mencari jurnal bedasarkan kuartil atau rangking, dapat kalian lakukan dengan memilihsalah satu kolom kuartil 1-4 yang telah tersedia pada sebelah kiri pada tampilan menu “Source”. Jika kalian ingin mengetahui kuartil mana yang kalian cari, kalian anya perlu melihat pada kolom “Highest Percentile”, terlihat dibawah ini sebagai berikut :  

  • Jurnal Quartile 1 memiliki percentile dengan besar 75%-99%.
  • Jurnal Quartile 2 memiliki percentile dengan besar 50%-74%.
  • Jurnal Quartile 3 memiliki percentile dengan besar 25%-49%.
  • Jurnal Quartile 4 memiliki percentile dengan besar 0%-24%.

Baca Juga : Cara Masuk Jurnal Scopus

Kesimpulan

Nah, cukup sampai disini pembahasaan kita mengenai tentang Cara Melihat Quartile Jurnal Di Scopus. Bagi yang ingin melihat Jurnal Quartile 1-4 bisa kalian lihat yang ada di atas.

Semoga apa yang kami jelaskan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semuanya tidak hanya dosen atau mahasiswa saja.


FAQ

Cara Cek Scopus berapa?

Buka dan kunjungi situs resmi Scopus https://www.scopus.com/home.uri. Klik “Sumber” di pojok kanan atas. Masukkan nama jurnal pada kolom “Enter Title” dan tekan Enter atau klik “Find Source”

Apa itu jurnal Scopus Q1?

Kategori Q1 (kuartil 1) ini berarti beberapa jurnal yang terindeks Scopus memiliki pengaruh paling besar di antara jurnal-jurnal tersebut

Apa itu Quartile jurnal?

Quartile atau kuartil merupan sebuah sistem perangkingan jurnal-jurnal yang bereputasi yang disadari dengan subjek bidang jurnal terkait