Cara Membuat Jurnal Scopus

Cara Membuat Jurnal Scopus

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui Cara Membuat Jurnal Scopus kali ini kami akan membahasnya, karena Masih banyak yang belum mengetahuinya dan masih banyak juga yang dipertanyakan oleh para akademis baru.

Jurnal Scopus merupakan salah satu pusat pengumpul data base dan juga data ilmiah. Yang dimana Scopus sendiri merupakan salah satu bagian database atau pusat data dari perusahaan penerbit yang namanya sudah terkenal di dunia Elsevier.

Database yang ada di scopus sendiri ada yang kurang dari lebih 22.000 judul dari 5.000 penerbit dari yang ada di seluruh penjuru dunia.

Kamu harus menegtahuinya, bahwasannya jurnal yang terindeks Scopus. bukan hanya jurnal asing saja, tetapi karena Indonesia sendiri sudah banyak orang yang telah terindex oleh scopus.

Hal ini tentu sangat menunjukan bahwasannya penelitian yang telah dipublikasikan di Indonesia tidak main-main dan tidak hanya itu saja dan bahkan sudah diakui oleh internasional.

Jurnal Indonesia yang telah terindeks oleh Scopus dapat dikatakan telah memiliki reputasi dan telah memenuhi kualitas internasional.

Perbedaan Jurnal Sinta Dengan Jurnal Scopus

Perbedaan Jurnal Sinta Dengan Jurnal Scopus

Sebelum kita membahas  ke Inti tentang Cara Membuat Jurnal Scopus, alahkah baiknya kita ulas terlebih dahulu mengenai apa saja perbedaan antara Jurnal Sinta dengan Jurnal Scopus

Sudah dijelaskan jika Scopus merupakan Pusat data (database) bagi jurnal jurnal internasional yang bereputasi tinggi, Jurnal Internasional sendiri telah memiliki reputasi yang bisa kalian lihat dari kinerja, penulis, peneliti, kinerja jurnal dan lain lain.

Sedangkan jurnal Sinta merupakan sebuah data base atau sebuah pangkalan yang mana data pustakan untuk jurnal nasional terakreditasi.

Jadi sudah kejawab kan soal teman-teman yang bertanya Cara Membuat Jurnal Scopus , Jadi sudah jelas bukan? Untuk jawabannya Cara Membuat Jurnal Scopus yaitu teman-teman bisa baca artikel di bawah ini.

Baca Juga : Cara Masuk Jurnal Scopus

7 Cara Membuat Jurnal Scopus Mudah & Cepat

7 Cara Membuat Jurnal Scopus Mudah & Cepat

Setelah membahas perbedaan antara Sinta dan Scopus, Selanjutnya pada bagian ini kami akan membahas mengenai Cara Membuat Jurnal Scopus yang mudah dah benar. Fokus pada tahapan tahapan di bawah ini agar teman-teman tidak mengalami kesulitan dalam pembuatan Jurnal Scopus.

1. Mengetahui Pangsa Pasar

Tahapan pertama yang harus teman-teman lakukan ialah, teman-teman pertimbangan terseblih dahulu sebelum menulis sebuah skrip atau jurnal dengan mengidentifikasi target pasar yang ingin teman-teman tuju.

Dan, teman-teman juga harus mengetahui terlebih dahulu apa yang di sukai atau yang sedang dicari oleh orang-orang, sebisa mungkin teman-teman harus mencari topik yang banyak diminati oleh pembaca, langkah selanjutnya barulah teman-teman tulis petimbangan yang telah kalian tulis.

2. Artikel Yang Baik Dan Bagus

Tahapan kedua setelah teman-teman menulis artikel jurnal yang benar maka teman-teman telah memudahkan para pembaca untuk memahami isi dari jurnal tersebut.

Adapun 2 hal penting  yang harus teman-teman perhatikan sebelum membuat artikel yang benar dan bisa menjadi bahan konten dan presentasi yang bagus.

Pertama,teman-teman isi dari jurnal kalian dan harus mempertimbangkan manfaat yang akan di dapatkan oleh para pembaca. Jika teman-teman telah mendapatkan hasil yang pas, teman-teman bisa menulisnya dalam bentuk narasi.

Kedua, teman-teman bisa membuat artikel yang benar sehingga memudahkan pembaca untuk  memahami , teman teman juga harus menyampaikan artikel tersebut dengan jelas dan benar.

3. Teruslah Menulis Jurnal

Teman-teman bisa menulis jurnal dengan rutin, sehingga hal tersebut akan mengasah kemampuan penulisan milikmu

Maka dari mulai saat ini tidak ada kata bosan ketika sedang menulis jurnal ilmiah karena menulis ilmiah memerlukan keterampilan yang selalu di asah

Baca Juga : Apakah Atlantis Press Terindeks Scopus?

4. Buatah Tulisan Yang Paling Mudah

Artikel yang telah teman-teman terbitkan di dalam jurnal Internasional bergengsi ternyata tidak selalu relavan dengan teknologi yang mutakhir dan terkini loh.

Namun adanya teknologi ini kemungkinan untuk berinovasi melalui penerapan teknologi yang lebih tua.

5. Buatlah Reviewer Tertarik Dengan Artikel Anda

Dalam penulisan, menarik pembaca juga sangat penting, tetapi hal yang sangat penting ialah membuat pengulas tertarik untuk membaca artikel miliki teman-teman. Karena pengulas akan membaca secara detail dan penuh teliti artikel milik teman-teman.

6. Hindari Plagiarisme(Jiplak)

Harus teman-teman ingat baik-baik dalam pembuatan jurnal Scopus, plagiasi atau jiplak adalah hal yang sangat penting dan yang harus teman-teman jauhi

Sebagus apapun jurnal ilmiah punya teman-teman, jika karya teman-teman itu hasil jipklak karya orang lain sama ajah karya teman-teman jadi jelek.

7. Koreksi Artikel Anda

Teman-teman pastikan kerapihan dalam menulis sangat penting, akan tetapi teman-teman harus menulis tanpa menghilangkan isi dari artikel tersebut.

Dengan menggunakan beberapa reverensi yang benar, maka akan banyak yang koreksi yang teman-teman buat dan semakin tinggu juga artikel teman-teman

Baca Juga : Cara Cek Prosiding Terindeks Scopus

Struktur Jurnal Internasional Scopus

Struktur Jurnal Internasional Scopus

setelah mengetahui Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus, Adapun Struktur jurnal Internasional Scopus yang harus teman-teman ketahui sebelum memulai pembuatan jurnal Scopus, simak sebagai berikut :

  • Title
  • Authors
  • Affiliation
  • Abstract
  • Introduction
  • Materials and Method
  • Result
  • Discussion
  • Conclusion
  • Acknowledgements
  • References

Tips Menulis Jurnal Internasional Scopus

Tips Menulis Jurnal Internasional Scopus

Setelah teman-teman mengetahui struktur dan cara membuat jurnal internasional Scopus, adapun kami akan memberikan tips and trick yang akan membantumu dalam pembuatan jurnal Internasional scopus yang harus diketahui, simak sebagai berikut :

  • Yang pertama adalah dengan teman-teman menemukan dan mengidentifikasi inti dari penelitian teman-teman. Inti penelitian sendiri tertuang dalam rumusan pertanyaan atau research question. yang dimana hal ini dapat dilakukan melalui tinjauan pustaka
  • Hal yang kedua adalah dengan memperhatikan urutan logis dalam sebuah penelitian. Urutan tersebut harus terarah dari awalan sampai akhiran
  • Hal yang ketiga adalah dengan mengidetifikasi metode dari penelitian yang memungkinkan pembaca untuk memperoleh dan menganalisi data yang bisa dipertanggungjawabkan secara wajar dan bisa diverifikasi

Baca Juga : Cara Melihat H Index Scopus

Kesimpulan

Nah, cukup sekian pembahasaan mengenai Cara Membuat Jurnal Scopus. Semoga yang kami jelaskan di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.


FAQ

Jurnal Scopus apa itu?

Jurnal terindeks Scopus adalah salah satu database (pusat data) kutipan atau literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit terkemuka dunia, Elsevier.

Dimana Mencari jurnal Scopus?

Kunjungi situs resmi Scopus https://www.scopus.com/home.url. Klik “Sumber” di bagian atas. Isikan nama jurnal pada kolom “Enter Title” dan tekan Enter atau klik “Find Source” Jika nama jurnal yang Anda ketik sudah ditemukan di kolom pencarian, klik jurnal dan periksa tahun liputannya.

Apakah ada Scopus yang gratis?

Kita semua tahu bahwa ada banyak jurnal bereputasi Scopus dan ISI Thomson yang tidak memerlukan biaya sepeserpun dalam publikasinya.