Tingkatan Jurnal Internasional

Tingkatan Jurnal Internasional

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja tingkatan jurnal internasional scopus untuk dosen atau mahasiswa. wajib banget baca artikel satu ini. simak langkah dibawah ini sampai habis!

Pada tingkatan jurnal internasional yang terindeks scopus, maka kita akan melihat istilah Q (Quartile/kuartil).

Apa itu Quartile? Quartile atau kuartil merupakan sebuah sistem perangkingan jurnal bereputasi yang didasarkan dengan subjek bidang jurnal yang terkait.

Dalam sistem saat ini, Quartile dibentuk berdasarkan hitungan besaran angka setiap jurnal agar bisa dikalkulasikan dalam perhitungan angka kumulatif.

Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu tingkatan apa saja yang ada pada jurnal internasional bereputasi scopus.

4 Tingkatan Jurnal Internasional Scopus Dosen Wajib Ketahui

4 Tingkatan Jurnal Internasional Scopus Dosen Wajib Ketahui

Perlu kamu ketahui bahwa tingkatan jurnal internasional Scopus ada 4, yaitu Q1, Q2, Q3 & Q4.

Kami lansir dari situs ui.ac.id, untuk menilai sebuah jurnal, Scopus memiliki klasterisasi kualitas jurnal yang dibagi menjadi 4 Quartile. Q1 merupakan jurnal dengan kualitas tertinggi. Dan selanjutnya diikuti oleh urutan Q2-Q4.

Dikutip dari situs Quora.com, dalam menggkategorikan sebuah jurnal yang nantinya akan dimasukkan kedalam Quartile 1-4, ada parameter yang digunakan oleh Scopus.

Baca Juga : Cara Mengecek Jurnal Terindeks Scopus

Nah, berikut kami akan jelaksan dari masing-masing Quartile :

Q1 (Quartile 1)

Kategori Quartile 1 (Q1) ini merupakan tingkatan jurnal Internasional Scopus yang memiliki pengaruh paling besar diantara kategori lainnya. Semisal terdapat 100 jurnal internasional yang terindeks Scopus pada bidang tertentu, biasanya jurnal dengan kategori Q1 ini memiliki peringkat dari 1-25 atau bisa disebut sebagai 25 jurnal teratas.

Q2 (Quartile 2)

Quartile 2 (Q2) juga merupakan tingkatan jurnal internasional Scopus yang memiliki pengaruh cukup besar. Jika terdapat 100 jurnal internasional Scopus, maka jurnal Q2 ini menduduki peringkat dari 26-50.

Q3 (Quartile 3)

Kategori Quartile 3 (Q3) merupakan sebuah tingkatan jurnal internasional Scopus yang memiliki pengaruh yang kurang besar.

Jika terdapat 100 jurnal terindeks Scopus, maka Q3 ini menduduki peringkat dari 51-75 jurnal.

Q4 (Quartile 4)

Nah, untuk kategori Quartile 4 (Q4) yang terakhir ini tingkatan jurnal internasional memiliki pengaruh yang paling rendah dibandingkan dengan kategori lainnya.

Jika terdapat daftar 100 Jurnal terindeks Scopus, maka Q4 ini menduduki peringkat 76-100 atau bisa dibilang sebagai 25 jurnal paling bawah.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Di Scopus

Cara Mencari Jurnal Scopus

sebelumnya, kita sudah mempelajari mengenai pengertian dan tingkatan jurnal internasional Scopus Selanjutnya, kita akan mempelajari tentang bagaimana caranya untuk mencari jurnal yang terindeks scopus. Jurnal yang terindeks scopus bisa berasal dari jurnal-jurnal nasional maupun internasional.

Ada dua jenis cara dalam mencari jurnal yang terindeks scopus,yang akan kami jelaskan ke kamu yaitu jurnal internasional yang terindeks scopus dan jurnal Indonesia yang terindeks scopus. Dua cara tersebut bisa dipelajari seperti di bawah ini.

Cara Mencari Jurnal Internasional Yang Terindeks Scopus

Cara mencari jurnal internasional yang terindeks ada dua cara. Dinukil dari lister.co.id, yang pertama melalui scimagojr.com dan kedua, yaitu dengan membuka website resmi dari scopus.

  • 1. Melalui Scimagojr.Com

Cara pertama adalah melalui website scimagojr.com Caranya adalah seperti berikut.

  • Buka halaman utama di situs scimagojr.com atau buka google lalu cari “scimagojr”
  • Setelah masuk pada web scimagojr tersebut, pilih subjek jurnal yang dituju, misalnya ingin mencari pada bidang seni, maka pilih bidang art and humanities
  • Lalu pilih subjek kategori jurnal yang diinginkan
  • Pilih tingkatan Q atau quartile yang diinginkan, kemudian download data ke excel.
  • 2. Melalui Website Resmi Scopus

Cara kedua adalah melalui website resmi scopus. Pada cara kedua ini, kamu wajib memiliki daftar jurnal yang akan dicari. Caranya adalah sebagai berikut.

Bukan laman resmi scopus di scopus.com atau bisa cari di google dengan mengetik “scopus”

Kemudian klik “sources” di bagian atas

Isikan nama jurnal di kolomo “enter title” lalu tekan enter, atau bisa juga klik pada bagian “find sources”

Jika nama jurnal yang kamu ketik sudah ditemukan pada kolom search, selanjutnya adalah klik jurnal tersebut dan cek tahun coveragenya

Cara cek “scopus content coverage” bisa di bagian bawah.

Cara Mencari Jurnal Indonesia Yang Terindeks Scopus

sebelumnya kita mempelajari mengenai pengertian, tingkatan jurnal internasional Scopus dan Cara mencari Jurnal Scopus. Lanjut Langkah-langkah mencari jurnal bisa dipelajari seperti di bawah ini.

  • Buka laman resmi sinta.ristekbrin.go.id, kemudian ada kolom dengan tulisan “Number of journal by Sinta Score”, lalu pilih S1
  • Skor S1 pada Sinta merupakan jurnal-jurnal Indonesia yang terindeks dengan scopus
  • Setelah muncul jurnal-jurnal tersebut, lalu tinggal cari jurnal yang memuat mengenai bidang ilmu tertentu yang diinginkan
  • Cara yang paling mudah adalah dengan mengetik “Sinta 1” pada pencarian google
  • Setelah muncul jurnal-jurnal Sinta 1 tersebut, lalu tinggal mencari jurnal yang diinginkan.

Cara Masuk Jurnal Scopus

Setelah mempelajari pengertian,tingkatan jurnal internasional, Mencari Jurnal Internasional Scopus, lalu sekarang lanjut ke Cara Masuk Jurnal Scopus.

Banyak para akademisi dan peneliti yang berlomba-lomba supaya artikelnya bisa terindeks. Perlu diketahui bahwa persaingan yang ketat dan kualitas artikel adalah pertimbangan utama sebelum memasukkan artikel.

Ada beberapa panduan yang bisa diperhatikan sebelum memasukkan artikel ke jurnal yang terindeks dengan scopus. Penjelasannya menurut duniadosen.com adalah sebagai berikut.

  • Sesuaikan Bidang Ilmu Yang Dituju

Hal yang paling penting adalah sebelum memasukkan artikel, harus memperhatikan apakah sudah sesuai bidang ilmu yang dituju, sehingga editor akan memproses artikel kamu. Artikel yang telah masuk pada jurnal scopus di-review oleh para ahli atau pakar pada bidang ilmu tersebut, sehingga layak atau tidaknya artikel tersebut sangat dipertimbangkan.

Artikel-artikel yang dimuat pada jurnal scopus sudah melalui banyak tahap, yaitu editing, review, layout, dan sebagainya, sehingga naskah artikel tersebut benar-benar sudah layak untuk dipublikasikan. Bidang ilmu yang dituju harus sesuai dengan artikel yang akan dikirimkan. Untuk mencari bidang ilmu yang sesuai, sesuaikan dengan scope atau batasan bidang yang ditentukan oleh jurnal tersebut. Misalnya jurnal tersebut scope-nya mengenai pendidikan, maka kamu bisa submit artikel dengan tema pendidikan pada jurnal tersebut.

  • Manuscript Jurnal Yang Bagus

Setelah memperhatikan scope penelitian, yang perlu dipertimbangkan adalah naskah artikel yang bagus. Naskah artikel yang baik akan memudahkan pembaca dalam memahami dan mencari jurnal tersebut. Dua hal yang penting dalam penulisan naskah adalah, presentasi/penjelasan dan konten/isi.

Presentasi atau penjelasan dalam naskah tersebut harus detail dan tidak ambigu, sehingga para pembaca paham dengan uraian-uraian penjelasan dalam artikel tersebut. Selain itu, konten atau isi harus berisi bagaimanakah manfaat yang didapat dari artikel yang ditulis tersebut. Jika sudah memiliki nilai kemanfaatan yang tinggi, uraikan dengan narasi yang menarik.

  • Banyak Latihan Menulis Artikel Jurnal

Latihan menulis artikel adalah cara terbaik dalam mengasah kemampuan untuk memasukkannya. Apabila kamu sudah sering menulis artikel dan sudah banyak dipublikasikan di jurnal-jurnal nasional, itu adalah salah satu poin penting supaya artikel kamu dapat dilirik oleh pengelola jurnal tersebut.

Banyak latihan menulis artikel jurnal dapat meningkatkan kemampuan analisis dan dapat menyesuaikan scope penelitian pada jurnal-jurnal, sehingga penulis dapat dengan mudah memahami aturan-aturan yang berlaku pada setiap jurnal. Kebijakan-kebijakan pada setiap jurnal berbeda, sehingga penting untuk diketahui.

  • Usahakan Menulis Artikel Yang Inovatif Dan Menarik

Artikel yang akan di-submit hendaknya memiliki nilai kemanfaatan, inovasi, dan menarik. Pengelola jurnal akan melirik pada materi-materi yang berkaitan dengan isu-isu terbaru atau memiliki inovasi yang mutakhir. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para penulis artikel jurnal harus mempertimbangkan poin-poin penting tersebut.

  • Hindari Plagiarisme

Satu hal dan yang terpenting harus dihindari oleh penulis adalah plagiarisme. Tindakan plagiarisme seperti ini masih seringkali kita temui. Hal tersebut merugikan banyak pihak dan sangat tidak patut untuk ditiru. Apabila ingin mengutip suatu teori dalam buku atau artikel, wajib untuk mencantumkan sumber yang didapatkan tersebut.

Tindakan plagiarisme tersebut merupakan hal yang amat merugikan, karena hal tersebut dapat merusak citra seorang akademisi karena tindakan plagiarisme. Maka dari itu, jangan sampai sebagai penulis melakukan hal tersebut.

  • Berkonsultasi Dengan Yang Pernah Publikasi Di Scopus

Penting juga untuk para penulis untuk mengikuti seminar atau workshop untuk masuk/ Selain itu, perlu juga penulis artikel banyak berkonsultasi dengan para dosen atau peneliti yang artikelnya pernah dipublikasikan, karena mereka akan berbagi tips dan trik supaya artikel yang kamu buat bisa masuk pada jurnal yang terindeks dengan scopus.

Daftar Jurnal Indonesia Terindeks Scopus

Saat ini, sudah banyak yang terindeks dengan scopus. setelah mengetahui tingkatan jurnal internasional Scopus , kita akan membuat Tulisan ilmiah tersebut tidak hanya didominasi oleh kampus-kampus top di Indonesia.

Akan tetapi hampir di setiap kampus memiliki jurnal yang terindeks . Di bawah ini adalah beberapa daftar artikel ilmiah Indonesia yang terindeks scopus berdasarkan data dari sinta.ristekbrin.go.id.

No.Journal NameImpactH5-IndexCitation (5 years)H-IndexCitation
1Paediatrica Indonesiana: Indonesian Journal of Pediatrics and Perinatal Medicine (Ikatan Dokter Anak Indonesia)6.86161551233250
2Indonesian Journal of Science and Technology (Universitas Pendidikan Indonesia)6.53161010171077
3Journal on Mathematic Education (Universitas Sriwijaya)6.36333990334285
4Makara Journal of Science (Universitas Indonesia)5.63222182263185
5Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) (Universitas Negeri Semarang)5.52447551458073
6QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) (STAIN Kudus)5.2593259330
7International Journal of Electrical and Computer Engineering (Institute of Advanced Engineering and Science (IAES))5.132155323517620
8International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) (Institute of Advanced Engineering and Science (IAES))4.97232526252653
9International Journal of Power Electronics and Drive Systems (Institute of Advanced Engineering and Science (IAES))3.76235684266376
10Gadjah Mada International Journal of Business (GamaIJB) (Universitas Gadjah Mada)3.67252977324451
11Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IAIN Salatiga)3.481580315832
12TELEKOMNIKA (Telecommunication Computing Electronics and Control) (Universitas Ahmad Dahlan)3.292891233611919
13Forest and Society (Universitas Hasanuddin)3.281248312487
14Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science (Institute of Advanced Engineering and Science (IAES))3.182584263011935
15IAES International Journal of Electrical Engineering and Computer Science (Institute of Advanced Engineering and Science (IAES))3.0712971141164

Akhir Kata

Nah, cukup sampai sini saja pembahasan kita kali ini seputar tingkatan jurnal internasional scopus yang semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.